Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 1 KALIGONDANG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar
Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugas-nya sebagai
khalifah di bumi.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan Al Haj : 5
1.2 Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan Al-Haj : 5
1.3 Menampilkan perilaku sebagai
khalifah di bumi seperti terkandung dalam
QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al Haj : 5
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
·
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
· Mampu mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan Al-Haj : dengan benar
·
Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan
Al-Haj : 5
·
Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al
Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
· Mampu mengidentifikasi perilaku
khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj
: 5
· Mampu mempraktikkan perilaku
khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56,
dan Al Haj : 5
· Mampu menunjukkan perilaku
sebagai khalifah dalam kehidupan.
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
·
Q.S. Al-Baqarah; 30
·
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
·
Q.S. Az-Zariyat; 56
·
Q.S. Al Haj : 5
E. Metode Pembelajaran:
· SAL ( CBSA ), ceramah, diskusi, praktek, tanya jawab dan pemberian
tugas.
F. Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM
diharapkan siswa mampu :
·
Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
·
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
· Mampu mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan Al-Haj : dengan benar
·
Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan
Al-Haj : 5
·
Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al
Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
· Mampu mengidentifikasi perilaku
khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj
: 5
· Mampu mempraktikkan perilaku
khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56,
dan Al Haj : 5
· Mampu menunjukkan perilaku
sebagai khalifah dalam kehidupan.
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Siswa
mengamati Membaca dengan fasih Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan Al Haj :
5
· Siswa
mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S.
AzZariyat: 56, dan Al Haj : 5
|
· Mengartikan
perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
· Mengartikan
per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
· Menterjemahkan
Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat;
56. dan Al Haj : 5
· Mendiskusikan
arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
|
· Siswa
membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Mempraktikkan
perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Menunjukkan
perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
· Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas
· Berdoa sebelum membuka pelajaran
· Memeriksa kehadiran siswa
· Mendoakan siswa yang tidak hadir
karena sakit atau karena halangan lainnya
· Memastikan bahwa setiap siswa
datang tepat waktu
·
Menegur
siswa yang terlambat dengan sopan
· Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
akan dicapai;
· Mempersiapkan materi
ajar, model, alat peraga dan kitab suci Al Qurán
· Secara bersama membaca Al
Qurán selama 5 – 10 menit
· Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus
· Mengaitkan materi/kompetensi yang
akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter dan kewirausahaan
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
Religius,
Jujur,
Santun,
Disiplin,
Bertanggung jawab,
|
Cinta ilmu,
Ingin tahu,
Percaya diri,
Menghargai keberagaman,
Patuh pada aturan sosial,
|
Bergaya hidup sehat,
Sadar hak & kewajiban,
Kerja keras,
Peduli
Berhati lembut
|
Tekun
Kasih sayang
Rendah hati
Berani
Patuh Aturan
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Mandiri
Kreatif
Berani mengambil risiko
Berorientasi pada tindakan
Kepemimpinan
|
Kerja keras
Jujur
Disiplin
Inovatif
|
Tanggung jawab Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen
|
Realistis
Rasa Ingin tahu
Komunikatif
Motivasi kuat
untuk sukses
|
Motivasi
Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan Al Haj: 5 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku
yang utama, seperti penciptaan manusia dan penguasaannya di
bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat, serta tugas
jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada Alloh SWT. Jika direnungkan, betapa tingginya
derajat orang-orang yang beriman karena memiliki suatu amanah sebagai kholifah
dimuka bumi ini.
Kegiatan Inti
Elaborasi
·
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang
materi pembelajaran
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al-Haj:
5, guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan,
contoh:
ü Pernahkah kalian mendengar orang
lain membaca surat tersebut diatas?
ü Pernahkah kalian membaca surat tersebut
diatas ?
ü Siapakah diantara kalian
yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan AL Haj 5 ?
Eksplorasi
·
Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca
surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al
Haj : 5, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan
guru 2 sampai dengan 3 kali.
·
Setelah para
siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat Q.S Al-Baqarah;
30
·
Setelah para
siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca surat Q.S.
Al-Mukminun: 12-14
·
Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat
Q.S. Az-Zariyat : 56
·
Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal,
guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Al Haj : 5
Elaborasi
·
Guru meminta beberapa siswa untuk
menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
·
Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 dengan berpedoman kepada Al Qur’an
dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
Konfirmasi
·
Selanjutnya, guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:
12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
kepada siswa.
·
Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 berikut artinya dengan benar.
Elaborasi
·
Setelah selesai menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan Al Haj :
5 berikut artinya, guru menjelas hukum
bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:
Bacaan
|
Hukum Bacaan
|
Cara Membacanya
|
Nun mati( نْ ) bertemu dengan huruf “ta” ( ت )
|
Hukum bacaanya
adalah “ Ikhfa ”
|
Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ " " dibaca
dengan dengung
|
Nun mati( نْ ) bertemu dengan huruf “nun” ( ن )
|
Hukum bacaanya
adalah “Idgham bighunnah”
|
Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ " " dibaca
dengan dengung
|
Nun mati( نْ ) bertemu dengan huruf “ ‘ain” ( ( ع
|
Hukum bacaanya
adalah “ Izhar ”
|
Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ " " dibaca
dengan jelas
|
Konfirmasi
· Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang
terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj :
5.
Elaborasi
· Guru menugaskan kepada siswa
untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang
terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
secara berkelompok.
· Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa
untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S
Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 secara
berkelompok.
Konfirmasi
·
Siswa diminta untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Kegiatan Akhir (Penutup)
·
Guru meminta agar para siswa
sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.
Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 sebagai penutup materi pembelajaran.
·
Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah
isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat :
56, dan Al Haj : 5.
· Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi
dasar.
· Siswa dan
guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
· Pemberian PR / tugas
· Siswa dan
guru mengakhiri
pelajaran dengan membaca hamdalah/doá
· Guru mengucapkan salam
kepada para siswa sebelum keluar kelas.
H. Penilaian
·
Tugas Individu
·
Tugas kelompok
·
Pengamatan
·
Tes Tertulis
I. Bahan/Sumber
Belajar
·
Al-Quran dan terjemah.
·
Buku PAI kelas X.
·
Buku-buku yang
relevan.
·
Islam dan Kedokteran
J. Lembar
Penilaian
I. Tes
Tertulis
No.
|
Butir
– butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Bacalah
penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah Swt tidak menciptakan jin dan
manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya
|
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
|
2.
|
لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arti penggalan ayat tersebut
adalah........
|
Agar kamu menjadi orang-orang yang bersukur
|
3.
|
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun”
adalah…….
|
Idgham Bighunnah
|
II. Tes
Perbuatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1. 1
|
Usman
|
|||||
2. 2
|
Said
|
|||||
3. 3
|
Sutejo
Ade
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan
:
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca lancar dan baik = 80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar kurang baik
= 70 – 79 = B
3.
= Membaca Terbata-bata = 60 – 69 = C
4.
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
III. Tes
Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Tujuan Kita diciptakan oleh
Allah SWT adalah
ditugaskan sebagai Kholifah.
|
||||
2.
|
Membaca
Al Qur’an banyak mengandung nilai
ibadah.
|
||||
3.
|
Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah
dapat kita lalukan dengan mengucapkan
hamdalah اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ "“ setiap kali kita
memperoleh nikmat serta menjalankan perintah
Nya dan menjauhi larangan Nya.
|
||||
Dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan : Skor Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju =
50
S = Setuju =
40
TS = Tidak Setuju =
10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV.
Portofolio
- Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan
portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
- laporan rekan guru dan
pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala SMK .................
_________________________
NIP
|
Purbalingga ,
...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP
|
Sangat Membantu
BalasHapushttp://sum412n0-computersystem.blogspot.com/