Selamat Bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Selamat bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Senin, 07 Mei 2012

RPP PAI SMK yg Berkarakter dan EEK


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah                   :   SMK NEGERI 1 KALIGONDANG
Mata Pelajaran                  :   Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                :   X/1
Alokasi Waktu                 :   6 x 45 menit
Aspek                                  :   Al-Qur’an

A.  Standar Kompetensi
      1.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan  tugas-nya sebagai khalifah di bumi.

B.  Kompetensi Dasar
        1.1    Membaca  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al Haj : 5
        1.2    Menyebutkan arti  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Haj : 5
        1.3    Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam   QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al Haj : 5


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi        :
·    Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
·    Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
·    Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al-Haj : dengan benar
·    Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al-Haj : 5
·    Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
·    Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj : 5
·    Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj : 5
·    Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.

D.    Materi Ajar (Materi Pokok)
·    Q.S. Al-Baqarah; 30
·    Q.S. Al-Mukminun; 12-14
·    Q.S. Az-Zariyat; 56
·    Q.S. Al Haj : 5

E.    Metode Pembelajaran:
·       SAL ( CBSA ), ceramah, diskusi, praktek, tanya jawab dan pemberian tugas.

F.    Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM diharapkan siswa mampu :
·    Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5 dengan fasih.
·    Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan Al Haj : 5
·    Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al-Haj : dengan benar
·    Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30,  Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al-Haj : 5
·    Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan Al-Haj : 5
·    Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj : 5
·    Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan Al Haj : 5
·    Mampu menunjukkan perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan.

G.        Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Siswa mengamati Membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan Al Haj : 5
·     Siswa mengamati tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan Al Haj : 5
·     Mengartikan perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
·     Mengartikan per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
·     Menterjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
·     Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan Al Haj : 5
·     Siswa membiasakan perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·     Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·     Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
·       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·       Berdoa sebelum membuka pelajaran
·       Memeriksa kehadiran siswa
·       Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·       Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·       Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·       Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
·       Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga dan kitab suci Al Qurán
·       Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
·       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Religius,
 Jujur,
Santun,
Disiplin,
Bertanggung jawab,
Cinta ilmu,
Ingin tahu,
Percaya diri,
Menghargai keberagaman,
Patuh pada aturan sosial,
Bergaya hidup sehat,
Sadar hak & kewajiban,
Kerja keras,
Peduli
Berhati lembut
Tekun
Kasih sayang
Rendah hati
Berani
Patuh Aturan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Mandiri
Kreatif
Berani mengambil risiko
Berorientasi pada tindakan
Kepemimpinan
Kerja keras
Jujur
Disiplin
Inovatif
Tanggung jawab Kerjasama
Pantang menyerah
Komitmen

Realistis
Rasa Ingin tahu
Komunikatif
Motivasi kuat untuk sukses


Motivasi
Dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj: 5 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti penciptaan manusia dan penguasaannya di bumi, perkembangan kejadian manusia dan kehidupannya di akhirat, serta tugas  jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada Alloh SWT. Jika direnungkan, betapa tingginya derajat orang-orang yang beriman karena memiliki suatu amanah sebagai kholifah dimuka bumi ini.

Kegiatan Inti
Elaborasi
·       Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al-Haj: 5,  guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contoh:
ü  Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas?
ü  Pernahkah kalian membaca surat tersebut diatas ?
ü  Siapakah diantara kalian yang sudah hafal surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan AL Haj 5 ?
Eksplorasi
·       Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
·       Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S Al-Baqarah; 30
·       Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Al-Mukminun: 12-14
·       Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Q.S. Az-Zariyat : 56
·       Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat Al Haj : 5
Elaborasi
·       Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum  bacaan yang terdapat dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5
·       Selanjutnya siswa membaca arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
Konfirmasi
·       Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5  kepada siswa.
·       Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5  berikut artinya dengan benar.
Elaborasi
·       Setelah selesai menyalin Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5  berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut. Sebagai contoh:

Bacaan
Hukum Bacaan
Cara Membacanya
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ta” ( ت )

Hukum bacaanya adalah “ Ikhfa

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ تُـرَابٍ  " " dibaca dengan dengung
Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “nun”     ( ن )

Hukum bacaanya adalah “Idgham bighunnah

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ نُـطْـفَـةٍ  " " dibaca dengan dengung


Nun mati( نْ )   bertemu dengan huruf “ ‘ain” (   ( ع

Hukum bacaanya adalah “ Izhar

Nun mati( نْ ) pada kalimat مِـنْ عَـلَـقَـةٍ  " " dibaca dengan jelas

Konfirmasi
·       Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5.
Elaborasi
·       Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang proses awal kejadian manusia sebagaimana yang terkandung dalam isi Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 secara berkelompok.
·       Selanjutnya guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi tentang hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5  secara berkelompok.
Konfirmasi
·       Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Kegiatan Akhir (Penutup)
·       Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5 sebagai penutup materi pembelajaran.
·       Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat : 56, dan Al Haj : 5.
·       Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·       Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·       Pemberian PR / tugas
·       Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/doá
·       Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

H.    Penilaian
·        Tugas Individu
·        Tugas kelompok
·        Pengamatan
·        Tes Tertulis

I.     Bahan/Sumber Belajar
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas X.
·   Buku-buku yang  relevan.
·   Islam dan Kedokteran

J.     Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti bahwa Allah Swt tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah-Nya
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

2.
لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ Arti penggalan ayat tersebut adalah........

Agar kamu menjadi orang-orang yang bersukur
3.
Hukum bacaan “nun mati” bertemu dengan “nun” adalah…….

Idgham Bighunnah


II. Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1. 1
Usman





2. 2
Said





3.  3
Sutejo Ade





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                                       Skor Tes Perbuatan :      
1.       = Membaca lancar dan baik                                                       = 80 – 90 = A
2.       = Membaca lancar kurang baik                                                                 = 70 – 79 = B
3.       = Membaca Terbata-bata                                                           = 60 – 69 = C
4.       = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru                                   = 50 – 59 = D
5.       = Tidak dapat membaca                                                             = kurang dari 50 = E

III. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Tujuan Kita diciptakan oleh Allah SWT adalah
ditugaskan sebagai Kholifah.




2.
Membaca Al Qur’an banyak mengandung nilai
ibadah.




3.
Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah
dapat kita lalukan dengan mengucapkan
hamdalah  اَلْحَمْـدُِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْــنَ  "“ setiap kali kita
memperoleh nikmat serta menjalankan perintah
Nya dan menjauhi larangan Nya.




Dst
……………………………………………….




Keterangan :                                        Skor Tes Sikap:
SS   = Sangat Setuju                                           = 50
S      = Setuju                                                         = 40
TS   = Tidak Setuju                                             = 10
STS = Sangat Tidak Setuju                                                = 0

IV. Portofolio
-      Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.


Mengetahui
Kepala SMK .................







_________________________
NIP

Purbalingga , ...............................
Guru Bidang Studi







_________________________
NIP

1 komentar:

  1. Sangat Membantu
    http://sum412n0-computersystem.blogspot.com/

    BalasHapus