PENGEMBANGAN
MODUL
A. Pengertian Modul
Modul
merupakan media atau
sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara
mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai
standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat
kompleksitasnya.
B. Tujuan Penggunaan Modul
- Memperjelas dan mempermudah
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
- Mengatasi keterbatasan waktu,
ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.
- Meningkatkan motivasi dan gairah
belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;
- Mengembangkan kemampuan peserta didik
dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
- Memungkinkan
peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
- Memungkinkan peserta didik dapat
mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
C.
Macam-macam Modul
Ø
Modul berbentuk cetakan (buku)
Ø
Modul berbentuk CD (Multimedia Interaktif)
D.
Karakteristik Modul
1. Self Instructional
Peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, tidak
tergantung pada pihak lain.
2. Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu standar kompetensi atau kompetensi dasar yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
3. Stand
Alone
Modul manual / multimedia
yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain
4. Adaptif
Modul memiliki
daya adaptasi yang
tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5. User friendly
Modul memenuhi
kaidah bersahabat / akrab
dengan pemakainya
E. Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam Penulisan Modul
1. Konsistensi
Dalam
penggunaan :
FONT
SPASI
TATA LETAK
(LAYOUT)
2. Bentuk dan
Ukuran Huruf
Bentuk dan
ukuran huruf yang mudah dibaca
Perbandingan
huruf yang proporsional
Hindari
penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks
3. Format
Format
kolom tunggal atau multi
Format
kertas vertikal atau horisontal
Icon yang mudah dipahami
4. Pengorganisasian
Tampilkan
peta/bagan
Urutan dan
susunan yang sistematis
Tempatkan
naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik
Antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan
susunan dan alur yang mudah dipahami
Judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti
5. Daya Tarik
Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi),
bentuk dan ukuran huruf yang serasi
Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa
gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian
rupa.
6. Ruang
(spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah
atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul
F. Kerangka
Modul
Ú Halaman
Sampul
Ú Halaman
Francis
Ú Kata
Pengantar
Ú Daftar Isi
Ú Peta
Kedudukan Modul
Ú Glosarium
I.
PENDAHULUAN
A.
Deskripsi
B.
Prasyarat
C.
Petunjuk Penggunaan Modul
1.
Penjelasan Bagi Peserta didik
2.
Peran Guru
D.
Tujuan Akhir
E.
Standar Kompetensi
F.
Cek Kemampuan Awal
II.
PEMBELAJARAN
A.
Rencana Belajar Peserta didik
B.
Kegiatan Belajar
C.
Kegiatan Belajar 1
1.
Tujuan Kegiatan Pembelajaran
2.
Uraian Materi
3.
Rangkuman
4.
Tugas
5.
Tes Formatif
6.
Kunci Jawaban Formatif
7.
Lembar Kerja
D.
Kegiatan Belajar 2
E.
Kegiatan Belajar n
III. EVALUASI
A.
Cognitive Skill
B.
Psychomotoric Skill
C.
Affective Skill
D.
Produk / Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar
E.
Batasan Waktu
F.
Kunci Jawaban
IV. PENUTUP
n DAFTAR
PUSTAKA
BAGAIMANAKAH PROSEDUR PENYUSUNAN MODUL ?
n Tahap
Persiapan
n Penyusunan
ass.wr.wb.
BalasHapussalam silaturahmi. saya sangat terbantu dengan materi cara menyusun modul pembelajaran di atas. saya mohon ijin untuk mengunduhnya.
terima kasih atas kebaikan saudara dan...selamat berkarya...
wass.
tono w
terima kasih,,,,tulisannya sangat membantu
BalasHapusterima kasih sangat membantu :)
BalasHapuswww.smpn1cimarga.tk
Terimakasih yah sangat mebantu materinya
BalasHapusterimakasih tulisan nya sangat membantu
BalasHapusterimakasih, ijin utk mengambil ilmunya
BalasHapus