Berikut daftar Perangkat Pembelajaran Mapel PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
- Cover Perangkat
- Lembar Pengesahan
- Kaldik
- Perhitungan Minggu Efektif
- Program Tahunan
- Program Semester
- KKM
- Silabus
- RPP = Contoh RPP PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
2. Meyakini Qadha dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
3. Menghidupkan Nurani dengan Berfikir Kritis
4. Bersatu dalam Keagamaan dan Demokrasi
5. Cerahkan Nurani dengan Saling Menasehati
6. Meraih Kasih Allah dengan Ihsan
7. Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga
8. Meraih Berkah dengan Mawaris
9. Rahmat Islam bagi Nusantara
10. Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload file ini, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/5
Materi Pokok : Beriman kepada
Hari Akhir
Alokasi Waktu : 2 X 3 Jam Pelajaran
A. Kompetisi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3
Memahami
dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
1.1. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Hari Akhir.
2. KD pada KI-2
2.5.
Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran
berIman kepada Hari Akhir.
3. KD pada KI-3
3.3. Memahami makna Iman kepada Hari Akhir.
4. KD pada KI-4
4.3. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran berIman
kepada Hari Akhir.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD
pada KI-1
Peserta didik mampu:
1.1.1. Membiasakan diri untuk mengamalkan perilaku Iman
kepada Hari Akhir.
2. Indikator KD
pada KI-2
Peserta didik mampu:
2.5.1. Membiasakan diri untuk bersikap mawas diri dalam
hidup.
2.5.2. Membiasakan diri untuk taat menjalankan ibadah.
3. Indikator KD
pada KI-3
Peserta didik mampu:
3.3.1.
Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan Iman pada Hari Akhir.
3.3.2.
Menjelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
3.3.3.
Menjelaskan pengertian Hari Akhir.
3.3.4.
Membedakan antara kiamat kubra dan shugra.
3.3.5.
Menyebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir.
3.3.6.
Mengidentifikasi periodesasi Hari Akhir.
3.3.7.
Menyebutkan macam-macam surga.
3.3.8.
Menyebutkan macam-macam neraka
3.3.9.
Menjelaskan tanda-tanda penghayatan Iman kepada Hari Akhir.
3.3.10. Menyebutkan dampak beriman kepada adanya Hari
Akhir.
4. Indikator KD
pada KI-4
Peserta didik mampu:
4.3.1. Mengidentifikasi contoh perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman pada Hari Akhir.
4.3.2. Melaksanakan perintah Allah atas dasar Iman kepada
Hari Akhir
D. Materi Pembelajaran :
Beriman kepada Hari Akhir
Konsep :
Hari Akhir menurut bahasa artinya
Hari Penghabisan (QS Al Baqarah {2} 177), juga disebut Hari
Pembalasan (الدين يوم)/(QS. Al Fātihah {1}: 4). Sedangkan menurut istilah, Hari Akhir adalah hari mulai
hancurnya alam semesta berikut isinya dan
berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah SWT. Hari Akhir juga disebut Hari
Kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah SWT yang seadil-adilnya (QS Al
Mumtahanah {60}: 3). Adapun pengertian Iman kepada Hari Akhir adalah
percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak.
Fakta :
Adanya bencana alam.
Adanya peristiwa kematian.
Adanya komplek pemakaman
Prinsip/dalil/Teori/hukum : QS Al Baqarah {2} : 177, QS Al A’raf {7}: 187,
dan QS Al Kahfi {18}: 94, QS Ali Imran {3): 185,
QS Al An’am {6}: 93, QS Ar Ruum {30}: 55-56, QS At Takwir {81}:
1-3, 6, QS Al Mujadallah {58}: 6, QS Al Kahfi {18}: 47 dan 49, QS Al
Anbiya {21}: 47, QS Al Mu’min {40}: 17.
Prosedur :
Melalui model
pembelajaran Colaborative Learning
diharapkan peserta didik memiliki kesadaran tentang pentingnya beriman
pada Hari Akhir.
Dampak/Hikmah/manfaat : 1. Membiasakan
hidup hati-hati karena
sekecil apa pun
perbuatan akan dimintai
pertanggungjawaban di kemudian hari.
2. Tidak menunda-nunda amal shaleh
3. Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak
seorang pun mengetahui kapan ajalnya tiba.
4. Menyadari
bahwa hidup di dunia ini hanya sementara.
5. Menyadari
bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
I
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
·
Melakukan konfirmasi
tentang kehadiran peserta
didik,
memperhatikan kerapihan pakaian dan kebersihan kelas. Peserta didik berdinamika dengan yel-yel. Contoh: guru berkata: “Rohis 1 {singkatan SMKN 1 Kaligondang}. Peserta didik
·
menjawab:
Islamic (tangan di dada), cerdas (tangan menunjuk
ke dahi), berprestasi (tangan mengepal ke atas), takbir. Peserta didik bertadarus sesuai dengan tema yang akan dipelajari
·
Dilanjutkan dengan
membaca terjemahannya dan
bertanya jawab tentang makna yang
terkandung pada ayat tersebut
Peserta didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Meminta
informasi dari peserta didik tentang Iman kepada Hari Akhir yang diketahuinya.
|
20 menit
|
Inti:
Mengamati
Menanya
Ekslorasi
Asosiasi
Komunikasi
|
·
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman kepada Hari Akhir”
·
Mencermati
teks bacaan tentang beriman kepada Hari Akhir secara individu maupun
kelompok.
·
Mengajukan
pertanyaan, misalnya tentang
makna beriman kepada Hari
Akhir?,
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta
didik lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik
saja).
·
Memperhatikan peserta
didik lain yang
tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mengamati keberanian
dan sikap peserta
didik dalam menjawab dan
memberikan klarifikasi tentang
benar dan tidaknya jawaban dari
peserta didik lain.
·
GPAI memilih 4
orang peserta didik
yang memiliki pengetahuan agama
yang baik, dan diangkat sebagai ketua kelompok. Kemudian alur pembelajaran
tugas diatur sebagai berikut:
·
Kelompok
I mendiskusikan tentang dalil naqli dan dalil akli terkait dengan Iman pada
Hari Akhir.
·
Kelompok
II mendiskusikan tentang Hari Akhir.
·
Kelompok III
mendiskusikan tentang periodesasi
Hari Akhir.
·
Kelompok IV
mendiskusikan tentang manfaat
beriman kepada Hari Akhir.
·
Ketika
diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi,
dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat
bekerjasama, toleran, santun,
responsif dan bertanggung jawab
untuk melakukan tugas diskusi kelompok. Selama pembelajaran berlangsung guru
melakukan pengamatan sikap terhadap
peserta didik terkait
dengan tanggung jawab, kerjasama, toleran, responsip dan santun peserta didiknya,
serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas
(penilaian proses: memperhatikan cara
peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian
mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta
didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume,
langsung diingatkan dan diberi catatan)
·
Setelah
peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari berbagai informasi, kemudian
diminta untuk menyimpulkan jawaban,
membuat resume hasil
diskusi berupa gambar atau
simbol, dan selanjutnya
menyiapkan bahan untuk menjual informasi melalui market place activity
pembelajaran.
·
Selanjutnya:
·
Setiap
ketua kelompok menjadi penjual
informasi materi yang sudah didiskusikan dalam
kelompoknya melalui gambar atau
simbol.
·
Sementara
anggota kelompok secara bergantian mendatangi kelompok lain untuk membeli
informasi materi.
·
Setelah selesai
membeli informasi dari
kelompok lain, kemudian kembali
ke kelompok masing-masing dan menjelaskan secara bergantian apa yang
sudah didapat atau di beli dari kelompok lainnya kepada ketua kelompok.
·
Setelah
pembeli melaporkan pada ketua kelompok, seluruh pembeli memberi
penilaian dengan mendatangi
kelompok lain, untuk memberi
tanda bintang pada
kelompok yang dianggap memiliki
poster yang sesuai
dengan tema dan memiliki kemampuan menjadi penjual
informasi yang baik.
·
Guru
memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir penampilan peserta didik
pada kegiatan market place activity.
·
Peserta
didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
|
110 menit
|
Penutup
|
·
Guru
menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar
yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.
·
Peserta
didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas yang diberikan guru PAI terkait dengan
pembelajaran selanjutnya
·
Mengajak semua
peserta didik berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran
|
15 menit
|
Pertemuan II:
|
||
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta
didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
·
Melakukan konfirmasi
tentang kehadiran peserta
didik, memperhatikan kerapihan pakaian
dan kebersihan kelas. 3) Peserta didik
berdinamika dengan yel-yel.
Contoh: guru berkata: “Rohis 1 {singkatan SMKN 1 Kaligondang}. Peserta didik menjawab: Islamic (tangan di
dada), cerdas (tangan menunjuk ke dahi), berprestasi (tangan
mengepal ke atas), takbir. 4) Peserta didik
bertadarus sesuai dengan
tema yang akan dipelajari
·
Dilanjutkan dengan
membaca terjemahannya dan
bertanya jawab tentang makna yang
terkandung pada ayat tersebut
·
Peserta
didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio
·
Guru
mengingatkan kembali tentang tujuan pembelajaran
·
Meminta
informasi dari peserta
didik tentang implementasi beriman
pada Hari Akhir, yang diketahuinya.
·
Menginformasikan Tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman
kepada Hari Akhir”
|
20 menit
|
Inti:
Mengamati
Menanya
Ekslorasi
Asosiasi
Komunikasi
|
·
Mencermati
video terkait dengan Iman pada Hari Akhir
·
Mencermati
gambar-gambar terkait dengan bencana alam
·
Mengajukan
pertanyaan, misalnya tentang bagaimana fungsi berIman
kepada Hari Akhir dalam kehidupan?, pentingnya berIman
kepada Hari Akhir?
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta
didik lain untuk menjawab.
·
Pemerataan
peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik saja).
·
Memperhatikan peserta
didik lain yang
tidak berani memberikan jawaban.
·
Mengamati keberanian dan
sikap peserta didik
dalam menjawab dan memberikan
klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain.
·
Peserta
didik membagi diri menjadi 4 kelompok dan duduk sesuai
dengan kelompoknya untuk
memberikan komentar pada gambar
terkait dengan Hari
Kiamat (Permasalahan-penyebab-solusi).
Pembagian tugas diatur sebagai berikut:
o Kelompok I memberikan komentar pada bencana
alam di daratan;
o Kelompok II memberikan komentar pada bencana
alam di lautan;
o Kelompok III memberikan komentar pada
bencana alam di udara.
o Kelompok IV memberikan komentar pada bencana
akibat ulah manusia.
·
Selanjutnya
peserta didik dalam kelompoknya masing-masing melakukan
brain storming.
·
Ketika brain
storming sedang berlangsung, peserta
didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat bekerjasama, toleran,
peduli, responsif dan bertanggung jawab untuk
melakukan tugas diskusi kelompok
· Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari
berbagai informasi, kemudian
diminta untuk menyimpulkan jawaban, membuat resume hasil
pengamatan gambar (poster coment), dan selanjutnya menyiapkan
diri untuk celebration
exebition di depan kelas.
·
Selanjutnya
setiap kelompok melakukan celebration exebition atas hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
memperhatikan dan mengajukan
pertanyaan/sanggahan dengan menggunakan kata-kata santun.
Adapun urutan celebration
exebition, sebagai berikut:
·
Kelompok
I
·
Kelompok
II
·
Kelompok
III
·
Kelompok
IV
·
Guru
memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir celebration exebition.
·
Peserta
didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
·
Tes
Formatif
|
110 menit
|
Penutup
|
·
Guru
menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi kegiatan),
apakah ada masukan untuk perbaikan pembelajaran
selanjutnya.
·
Peserta
didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas yang diberikan guru PAI terkait dengan
pembelajaran selanjutnya
·
Mengajak semua
peserta didik berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran
|
15 menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Tehnik
penilaian
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa (Bukti
terlampir pada Buku Praktikum dan Penilaian PAI dan Budi Pekerti) . Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas (Terstuktur)
• Mengisi rubrik tentang Iman kepada Hari Akhir.
a. Penilaian Sikap
1) Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi terkait dengan: “Implementasi
Iman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari”.
2) Penilaian
antar teman (lembar penilaian antar
teman terlampir)
3) Penilaian diri
(lembar penilaian diri terlampir)
4) Jurnal (lembar
jurnal terlampir)
b. Penilaian
pengetahuan
Tes tulis; essay (soal, kunci,
penskoran terlampir)
c. Penilaian
keterampilan
1) Projek
• Membuat makalah tentang “Implementasi Iman kepada Hari
Akhir dalam kehidupan sehari-hari”.
2) Praktik
• Mempresentasikan poster coment terkait dengan materi Iman
kepada Hari Akhir.
3) Portofolio
• Tuliskanlah semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah,
rumah, dan masyarakat di buku Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
(Tugas mandiri).
2. Instrumen
Penilaian
(Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
(Terlampir)
G. Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar/
Poster, video, Power point,
2.
Alat dan Bahan : LCD, Laptop, Wolf Vission.
3.
Sumber Belajar :
a. Al Qur’an dan
Terjemahnya, Kemenag RI, halaman 109, 1019, 1028, 1032, 1086, 1093
b. Buku PAI dan
Budi Pekerti SMK kelas XII, penerbit Kemendikbud
c. www. YouTube:
Keajaiban Al-Qur’an.
Mengetahui Kaligondang, Juli 2015
Kepala SMK N 1 Kaligondang
Salaman, S.Pd Masnur,
M.Pd.I
NIP. 19700512 199803 1 003 NIP. 19770220
200903 1 005
Lampiran Rubrik:
Iman kepada Hari Akhir
FORMAT RUBRIK IMAN KEPADA HARI AKHIR
Isilah dengan
memberikan tanda (P) pada kolom
jawaban yang sesuai dengan keadaan kalian!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak pernah
|
||
1
|
Saya berusaha melaksanakan shalat 5 waktu
dengan khusuk.
|
||||
2
|
Saya berusaha membaca Al Qur’an dengan
ikhlas.
|
||||
3
|
Saya menjalankan puasa Ramadhan.
|
||||
4
|
Setelah melaksanakan shalat 5 waktu,
saya melaksanakan shalat sunnah.
|
||||
5
|
Saya melakukan puasa Senin dan Kamis.
|
Lampiran Penilaian Aspek Sikap
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/5
Topik : Iman Kepada Hari Akhir
Kelompok :
Nama Siswa :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk pengisian:
Berilah tanda chek list (√)
pada kolom yang sesuai dengan perilaku peserta didik dalam kerja
kelompok selama proses pembelanjaran
berlangsung.
No
|
Aspek yang di observasi
|
Hasil Pengamatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok
|
||||
2
|
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok
|
||||
3
|
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok
|
||||
4
|
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok
|
||||
5
|
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain
|
||||
Jumlah
|
|||||
Total
|
|||||
Nilai
Akhir (total/5)
|
RUBRIK PENILAIAN
PENGAMATAN SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN
( TUGAS KELOMPOK )
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Menghargai
pendapat teman dalam satu kelompok
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
|
Menghargai
pendapat teman dalam kelompok lain
|
Selalu tampak
|
4
|
Sering tampak
|
3
|
|
Mulai tampak
|
2
|
|
Belum tampak
|
1
|
Keterangan:
MK = 4,00
MB = 3,00 - 3,99
MT = 2,00 - 2,99
BT = 1,00 - 1,99
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
DAFTAR
NILAI SISWA ASPEK SIKAP DALAM PEMBELAJARAN
TEKNIS
NON TES BENTUK PENGAMATAN
No
|
Nama
Siswa
|
Skor
Aktivitas Siswa
|
Jumlah
|
NA
(Jml:
5)
|
||||
Interaksi
|
Kerjasama
|
Kesungguhan
|
Menghargai
dlm kelompok
|
Menghargai
kelompok lain
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
dst
|
Kualifikasi Nilai Akhir (NA) Penilaian Sikap
Skor
|
Kualifikasi
|
1,00-1,99
|
Sikap kurang (K)
|
2,00-2,99
|
Sikap cukup (C)
|
3,00-3,99
|
Sikap baik (B)
|
4,00
|
Sikap Sangat Baik (SB)
|
INSTRUMEN ANTAR TEMAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII / 5
Topik : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa :
NIS :
A. Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2. Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
KD/Pernyataan
|
Tanggapan
|
Verifikasi Guru
|
||||
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Melaksanakan syari’at Islam
|
||||||
2
|
Mentaati peraturan sekolah
|
||||||
3
|
Perduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar
|
||||||
4
|
Membantu teman yang sedang menghadapi
kesulitan dalam belajar
|
||||||
5
|
Membantu teman yang sedang menghadapi
kesulitan ekonomi atau menghadapi masalah
|
B. Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan
|
Keterangan
|
Skor
|
SL
|
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
|
4
|
SR
|
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak
melakukan.
|
3
|
KD
|
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
2
|
TP
|
Tidak Pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
1
|
C. Tabel Penilaian
Skor
|
Nomor
|
Jumlah
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
Perolehan
|
Nilai = ∑ Skor
Pernyataan/Skor Maksimal * 4
INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII / 5
Topik : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa :
NIS :
A. Petunjuk
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2. Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi
dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
KD/Pernyataan
|
Tanggapan
|
Verifikasi Guru
|
||||
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya menjalankan shalat lima waktu.
|
||||||
2
|
Saya melaksanakan shalat sunnah baik di
rumah atau di sekolah
|
||||||
3
|
Saya melaksanakan tadarrus di sekolah
|
||||||
4
|
Saya melaksanakan tadarrus di rumah
|
||||||
5
|
Saya mendengarkan atau membaca tentang
siraman rohani
|
B. Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan
|
Keterangan
|
Skor
|
SL
|
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
|
4
|
SR
|
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak
melakukan.
|
3
|
KD
|
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
2
|
TP
|
Tidak Pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
1
|
C. Tabel Penilaian
Skor
|
Nomor
|
Jumlah
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
||
Perolehan
|
Nilai = ∑ Skor
Pernyataan/Skor Maksimal * 4
INSTRUMEN LEMBARAN JURNAL
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII / 5
Topik : Iman Kepada Hari Akhir
No
|
Hari/tanggal
|
Aspek yang diamati
|
Kejadian
|
Keterangan
|
Tanda tangan
|
|
GPAI
|
Mentor
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
dst
|
Lampiran Aspek Pengetahuan
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK
PENGETAHUAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA INDIVIDUAL)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII / 5
Topik : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa :
Kelas :
No Absen :
Petunjuk Mengerjakan:
1.
Kerjakan Soal - soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara
mandiri
2.
Perhatikan Intruksi dari Bapak / Ibu Guru dan sikap dalam mengerjakan
soal akan diamati oleh guru
Soal
1.
Sebutkan satu dalil naqli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
2.
Sebutkan dalil akli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
3.
Jelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
4.
Apa yang dimaksud dengan Hari Akhir!
5.
Coba bedakan antara kiamat kubra dan kiamat shugra?
6.
Sebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir?
7.
Coba identifikasikan periodesasi Hari Akhir?
8.
Sebutkan nama-nama surga dan nama-nama neraka?
9.
Coba identifikasikan contoh perilaku orang yang berIman kepada Hari
Akhir!
10. Sebutkan manfaat berIman
kepada Hari Akhir!.
Kunci Jawaban dan Pedoman
Penskoran
Penilaian Kemampuan Pengetahuan
Kunci Jawaban:
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
QS Takwir {81}: 1-3 dan 6
|
5
|
2
|
Dalil akli tentang Iman kepada
Hari Akhir adalah segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, tidak ada yang
bersifat abadi, suatu saat akan punah, begitu juga alam semesta beserta
seluruh isinya.
|
10
|
3
|
Percaya dengan penuh keyakinan
adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak
|
5
|
4
|
Peristiwa berakhirnya kehidupan
seluruh makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.
|
10
|
5
|
Kiamat kubra adalah peristiwa
hancurnya alam semesta secara total dan kehidupan
semua makhluk berakhir,
sementara kiamat shugra adalah peristiwa datangnya kematian bagi setiap makhluk termasuk
manusia yang bersifat lokal dan individu.
|
10
|
6
|
a. Tanda-tanda kecil: Hamba sahaya wanita melahirkan anak
majikannya, ada sekelompok orang yang tidak beralas kaki lengkap (sebelah
saja), dan apabila telah ada penggembala yang berlomba -lomba membangun
gedung yang tinggi dan lain sebagainya.
b. Tanda-tanda besar: Datangnya
Ya’juj dan Ma’juj, adanya malam yang panjang dan terbitnya matahari dari
sebelah barat.
|
10
|
7
|
a. Yaumul Ba’tsi
b. Yaumul Hasyr
c. Yaumul Hisab
d. Yaumul Mizan
e. Yaumul Fashl
f. Yaumul Jaza’
g. Ash-Shirath
h. Surga dan neraka
|
|
8
|
a. Macam-macam surga: Firdaus, Adn, Na’īm, Ma’wā, Dārussalām, Dārul Muqāmah, Al
Maqāmul Amīn, Khuldi.
b. Macam-macam neraka: Jahannam,
Jahīm, HāwiyahWail, Sa’īr, Ladhā, Saqar, Huthamah.
|
10
|
9
|
a. Beriman kepada Hari Akhir akan menumbuhkan rasa tanggung jawab
yaitu merasa bahwa hidup di dunia ini hanya bersifat sementara saja, cepat
atau lambat semua manusia pasti akan kembali pada Allah SWT. Semua
perbuatannya selama hidup di dunia akan dipertanggung-jawabkan pada Allah
SWT. Sejalan dengan itu, hidup yang dijalaninya akan ditempuh dengan penuh
kehati -hatian, sikap dan perilaku senantiasa didasari dengan kebaikan sesuai tuntunan agama.
b. Mengimani Hari Akhir,
membuat manusia sadar, bahwasanya manusia itu sangat tidak ada artinya, kalau
bukan karena kebesaran Allah SWT. Dengan demikian diharapkan manusia
dapat menghilangkan sikap
takabur, sombong
atau membanggakan diri atas
kelebihan yang dimilikinya
baik berupa kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan
atau keturunan.
c. Mempercayai akan datangnya hari akhir, membuat manusia untuk
menghindari dari perbuatan tidak
baik, sehingga apapun
yang diperbuat akan
dipikirkan terlebih dahulu,
sesuai tidaknya dengan norma-norma
agama.
d. Mengantarkan manusia untuk
tetap melakukan amal
shaleh, meskipun tidak
menghasilkan keuntungan materi.
e. Tumbuhnya perilaku akhlakul
karimah, seperti mawas
diri yaitu suatu
sikap bertanya tentang
kekurangan yang terdapat
pada diri mengenai
ibadah yang dilakukan, sikap
semangat untuk mempersiapkan bekal sebanyak -banyaknya untuk menghadapi akhirat, ikhlas dalam berbuat
yang didasarkan hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT.
|
20
|
10
|
a. Membiasakan hidup hati-hati
karena sekecil apa
pun perbuatan akan
dimintai pertanggungjawaban di kemudian hari.
b. Tidak menunda-nunda amal shaleh
c. Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak seorang pun
mengetahui kapan ajalnya tiba.
d. Menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya sementara.
e. Menyadari bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi
|
15
|
Jumlah Skor
|
100
|
Penskoran
Nilai = Jumlah
Skor
L (Lulus) = Nilai
> 78
U (Ulang) = Nilai
< 78
Lampiran Penilaian Aspek Keterampilan
Lampiran Penugasan
Projek
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETRAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PROJEK
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
XII/5
Topik : Iman
kepada Hari Akhir
Kelompok :……………………………...
Nama Siswa :………………………………..
1……………………… 5………………………………..
2……………………… 6………………………………..
3……………………… 7………………………………..
Petunjuk Penugasan Individual :
1.
Bersama teman Anda, buatlah makalah dengan tema “Implementasi Iman
kepada Hari Akhir .
2.
Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai/Skor Maksimal
|
Jumlah skor
|
NA
(Jumlah skor: 4)
|
|||
Kesesuaian isi makalah dengan tema
|
Teknik penulisan
|
Kedalaman materi
|
Setting layout
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
Dst
|
I. Kesesuaian isi makalah dengan
tema
3. Isi makalah relevan dengan tema
yang telah ditentukan
2. Isi makalah kurang relevan
dengan tema yang telah ditentukan
1. Isi makalah tidak relevan
dengan tema yang telah ditentukan
II. Teknik Penulisan
3. Sesuai
2. Cukup sesuai
1. kurang sesuai
III. Kedalaman materi
3. Pembahasan sangat dalam
2. Pembahasan cukup dalam
1. Pembahasan kurang dalam
IV. Setting layout
3. Menarik
2. Cukup menarik
1. Kurang menarik
Catatan :
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang Baik
Lampiran penilaian praktik
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PRATIKUM
(PELAKSANAAN DISKUSI)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
XII/5
Topik : Iman
kepada Hari Akhir
Kelompok :……………………………...
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||
1
|
2
|
3
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
Dst
|
Aspek dan rubrik penilaian:
1) Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a. Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 20.
c. Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap,
skor 10.
2) Keaktifan dalam diskusi.
a.
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3) Kejelasan dan kerapian presentasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan
rapi, skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
skor 30.
c.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan
kurang rapi, skor 20.
d.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak rapi, skor 1
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Nama Sekolah : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/5
Materi Pokok : Iman kepada Hari Akhir
Program Perbaikan
Sasaran perbaikan : Siswa yang memperoleh nilai kurang dari
78
Bentuk perbaikan : Tes perbaikan
Jenis perbaikan : Individual
Materi pokok : Iman kepada Hari Akhir
Proses perbaikan : Peserta didik diberikan kesempatan
belajar di bawah bimbingan teman dalam
satu kelompoknya
Pelaksanaan
Hari/Tanggal : ...
Waktu : ...
Hasil : ...
Program Pengayaan
Sasaran pengayaan : Siswa yang memeproleh nilai di atas 78
Bentuk pengayaan : Pemberian materi tambahan
Jenis pengayaan : Individual
Materi Pokok : Iman kepada Hari Akhir
Pelaksanaan
Hari/Tanggal : ...
Waktu : ...
Hasil : ...
Lampiran Pelaksanaan
Perbaikan/Pengayaan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Materi Pokok : Iman kepada Hari Akhir
Kelas/Semester : XII/5
Ulangan Harian ke : ...
Tanggal : ...
PERBAIKAN
Nomor
|
Nama Siswa
|
Nilai Sebelum Perbaikan
|
Tanggal Perbaikan
|
Hasil Perbaikan
|
Bentuk Perbaikan
|
Ket.
|
|
Urut
|
Absen
|
||||||
PENGAYAAN
Nomor
|
Nama Siswa
|
Nilai Sebelum Pengayaan
|
Tanggal Pengayaan
|
Hasil Pengayaan
|
Bentuk Pengayaan
|
Ket.
|
|
Urut
|
Absen
|
||||||
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload semua file di atas, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII
Pak, saya berminat mendownload file RPP kelas XII, bagaimana caranya? mohon bantuannya. Terima kasih
BalasHapusizin copy
BalasHapusterima kasih sangat bermanfaat .. fast raspon... sukses selalu ...
BalasHapustrimakasih....ijin copy ya??
BalasHapus