Berikut daftar Perangkat Pembelajaran Mapel PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
- Cover Perangkat
 - Lembar Pengesahan
 - Kaldik
 - Perhitungan Minggu Efektif
 - Program Tahunan
 - Program Semester
 - KKM
 - Silabus
 - RPP = Contoh RPP PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
 
2. Meyakini Qadha dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
3. Menghidupkan Nurani dengan Berfikir Kritis
4. Bersatu dalam Keagamaan dan Demokrasi
5. Cerahkan Nurani dengan Saling Menasehati
6. Meraih Kasih Allah dengan Ihsan
7. Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga
8. Meraih Berkah dengan Mawaris
9. Rahmat Islam bagi Nusantara
10. Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload file ini, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                           : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran                           : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                          : XII/5
Materi Pokok                             : Beriman kepada
Hari Akhir
Alokasi Waktu                           : 2 X 3 Jam Pelajaran
A.    Kompetisi Inti
KI 1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan     alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3
  Memahami 
dan  menerapkan  pengetahuan 
faktual,  konseptual,  prosedural 
dalam  ilmu pengetahuan, 
teknologi,  seni,  budaya, 
dan  humaniora  dengan 
wawasan  kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait 
fenomena dan kejadian, serta 
menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang   kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak    terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
B.    Kompetensi Dasar
1.  KD pada KI-1
1.1. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Hari Akhir.
2.  KD pada KI-2
2.5.
Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran
berIman kepada Hari Akhir.
3.  KD pada KI-3
3.3. Memahami makna Iman kepada Hari Akhir.
4.  KD pada KI-4
4.3. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran berIman
kepada Hari Akhir.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD
pada KI-1
Peserta didik mampu:
1.1.1. Membiasakan diri untuk mengamalkan perilaku Iman
kepada Hari Akhir.
2.  Indikator KD
pada KI-2
Peserta didik mampu:
2.5.1. Membiasakan diri untuk bersikap mawas diri dalam
hidup.
2.5.2. Membiasakan diri untuk taat menjalankan ibadah.
3.  Indikator KD
pada KI-3
Peserta didik mampu:
3.3.1.   
Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan Iman pada Hari Akhir.
3.3.2.   
Menjelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
3.3.3.   
Menjelaskan pengertian Hari Akhir.
3.3.4.   
Membedakan antara kiamat kubra dan shugra.
3.3.5.   
Menyebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir.
3.3.6.   
Mengidentifikasi periodesasi Hari Akhir.
3.3.7.   
Menyebutkan macam-macam surga.
3.3.8.   
Menyebutkan macam-macam neraka
3.3.9.   
Menjelaskan tanda-tanda penghayatan Iman kepada Hari Akhir.
3.3.10. Menyebutkan dampak beriman kepada adanya Hari
Akhir.
4.  Indikator KD
pada KI-4
Peserta didik mampu:
4.3.1. Mengidentifikasi contoh perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman pada Hari Akhir.
4.3.2. Melaksanakan perintah Allah atas dasar Iman kepada
Hari Akhir
D.    Materi Pembelajaran                 :
   Beriman kepada Hari Akhir
Konsep                               :
   Hari Akhir menurut bahasa artinya
Hari Penghabisan (QS Al Baqarah {2} 177), juga disebut Hari
Pembalasan (الدين يوم)/(QS. Al Fātihah {1}: 4). Sedangkan menurut istilah, Hari Akhir adalah hari mulai
hancurnya alam semesta berikut isinya dan
berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah SWT.  Hari Akhir juga disebut Hari
Kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah SWT yang seadil-adilnya (QS Al
Mumtahanah {60}: 3). Adapun pengertian Iman kepada Hari Akhir adalah
percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak.
Fakta                                         :     
Adanya bencana alam.
                                                         Adanya peristiwa kematian.
                                                         Adanya komplek pemakaman
Prinsip/dalil/Teori/hukum          :    QS Al Baqarah {2} : 177, QS Al A’raf {7}: 187,
dan QS Al Kahfi {18}: 94, QS Ali Imran {3): 185,
QS Al An’am {6}: 93, QS Ar Ruum {30}: 55-56, QS At Takwir {81}:
1-3, 6, QS Al Mujadallah {58}: 6, QS Al Kahfi {18}: 47 dan 49, QS Al
Anbiya {21}: 47, QS Al Mu’min {40}: 17.
Prosedur                              :
   Melalui  model 
pembelajaran  Colaborative  Learning 
diharapkan peserta didik memiliki kesadaran tentang pentingnya beriman
pada Hari Akhir.
Dampak/Hikmah/manfaat        :  1. Membiasakan 
hidup  hati-hati  karena 
sekecil  apa  pun 
perbuatan  akan dimintai
pertanggungjawaban di kemudian hari. 
                                                       2. Tidak menunda-nunda amal shaleh 
                                                       3. Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak
seorang pun mengetahui kapan ajalnya tiba. 
                                                       4. Menyadari
bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. 
                                                       5. Menyadari
bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi.
E.    Langkah-langkah Pembelajaran
       Pertemuan
I
Kegiatan 
 | 
   
Deskripsi Kegiatan 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
Pendahuluan 
 | 
  
·   Peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran 
·  
  Melakukan  konfirmasi 
  tentang  kehadiran  peserta  
  didik,  
memperhatikan kerapihan pakaian dan kebersihan kelas. Peserta didik berdinamika dengan yel-yel. Contoh: guru berkata: “Rohis 1 {singkatan SMKN 1 Kaligondang}. Peserta didik 
·  
  menjawab:
  Islamic (tangan di dada), cerdas (tangan menunjuk  
ke dahi), berprestasi (tangan mengepal ke atas), takbir. Peserta didik bertadarus sesuai dengan tema yang akan dipelajari 
·  
  Dilanjutkan  dengan 
  membaca  terjemahannya  dan 
  bertanya jawab tentang makna yang
  terkandung pada ayat tersebut  
Peserta didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio 
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 
·  
  Meminta
  informasi dari peserta didik tentang Iman kepada Hari Akhir yang diketahuinya. 
 | 
  
20 menit 
 | 
 
Inti: 
Mengamati 
Menanya 
Ekslorasi 
Asosiasi 
Komunikasi 
 | 
  
·  
  Menginformasikan
  Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman kepada Hari Akhir” 
·  
  Mencermati
  teks bacaan tentang beriman kepada Hari Akhir secara individu maupun
  kelompok. 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan,  misalnya  tentang 
  makna  beriman kepada Hari
  Akhir?, 
·  
  Memberikan
  kesempatan  kepada  peserta 
  didik  lain  untuk menjawab. 
·  
  Pemerataan
  peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik
  saja). 
·  
  Memperhatikan  peserta 
  didik  lain  yang 
  tidak  berani memberikan
  jawaban. 
·  
  Mengamati  keberanian 
  dan  sikap  peserta 
  didik  dalam menjawab  dan 
  memberikan  klarifikasi  tentang 
  benar  dan tidaknya jawaban dari
  peserta didik lain. 
·  
  GPAI  memilih 4 
  orang  peserta  didik 
  yang  memiliki pengetahuan agama
  yang baik, dan diangkat sebagai ketua kelompok. Kemudian alur pembelajaran
  tugas diatur sebagai berikut: 
·  
  Kelompok
  I mendiskusikan tentang dalil naqli dan dalil akli terkait dengan Iman pada
  Hari Akhir. 
·  
  Kelompok
  II mendiskusikan tentang Hari Akhir.  
·  
  Kelompok  III 
  mendiskusikan  tentang  periodesasi 
  Hari Akhir. 
·  
  Kelompok  IV 
  mendiskusikan  tentang  manfaat 
  beriman kepada Hari Akhir. 
·  
  Ketika
  diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi,
  dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar  dapat 
  bekerjasama,  toleran,     santun, 
  responsif  dan bertanggung jawab
  untuk melakukan tugas diskusi kelompok. Selama   pembelajaran   berlangsung   guru  
  melakukan pengamatan  sikap  terhadap 
  peserta  didik  terkait 
  dengan tanggung jawab, kerjasama, toleran,    responsip dan santun peserta didiknya,
  serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas
  (penilaian proses:  memperhatikan cara
  peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian
  mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta
  didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume,
  langsung diingatkan dan diberi catatan) 
·  
  Setelah
  peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari    berbagai    informasi,    kemudian  
  diminta   untuk menyimpulkan  jawaban, 
  membuat  resume  hasil 
  diskusi berupa  gambar  atau 
  simbol,  dan  selanjutnya 
  menyiapkan bahan untuk menjual informasi melalui market place activity
  pembelajaran. 
·  
  Selanjutnya: 
·  
  Setiap
  ketua  kelompok menjadi penjual
  informasi materi yang  sudah  didiskusikan  dalam 
  kelompoknya  melalui gambar atau
  simbol. 
·  
  Sementara
  anggota kelompok secara bergantian mendatangi kelompok lain untuk membeli
  informasi materi. 
·  
  Setelah  selesai 
  membeli  informasi  dari 
  kelompok  lain, kemudian  kembali 
  ke  kelompok  masing-masing  dan menjelaskan secara bergantian apa yang
  sudah didapat atau di beli dari kelompok lainnya kepada ketua kelompok.  
·  
  Setelah
  pembeli melaporkan pada ketua kelompok, seluruh pembeli  memberi 
  penilaian  dengan  mendatangi 
  kelompok lain,  untuk  memberi 
  tanda  bintang  pada 
  kelompok  yang dianggap  memiliki 
  poster  yang  sesuai 
  dengan  tema  dan memiliki kemampuan menjadi penjual
  informasi yang baik.  
·  
  Guru
  memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir penampilan peserta didik
  pada kegiatan market place activity.  
·  
  Peserta
  didik mengumpulkan hasil kerja kelompok 
 | 
  
110 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·  
  Guru
  menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar  
yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. 
·  
  Peserta
  didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas  yang diberikan  guru PAI terkait  dengan 
  pembelajaran selanjutnya  
·  
  Mengajak  semua 
  peserta  didik  berdoa 
  untuk  mengakhiri pembelajaran 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
Pertemuan II: 
 | 
 ||
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
Alokasi
  Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
· 
  Peserta
  didik berdoa untuk mengawali pembelajaran 
· 
  Melakukan  konfirmasi 
  tentang  kehadiran  peserta 
  didik, memperhatikan kerapihan pakaian
  dan kebersihan kelas. 3) Peserta  didik 
  berdinamika  dengan  yel-yel. 
  Contoh:  guru berkata: “Rohis 1 {singkatan  SMKN 1 Kaligondang}.  Peserta  didik  menjawab: Islamic (tangan di
  dada), cerdas (tangan menunjuk ke dahi), berprestasi (tangan
  mengepal ke atas), takbir. 4) Peserta  didik 
  bertadarus  sesuai  dengan 
  tema  yang  akan dipelajari  
· 
  Dilanjutkan  dengan 
  membaca  terjemahannya  dan 
  bertanya jawab tentang makna yang
  terkandung pada ayat tersebut  
· 
  Peserta
  didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio 
· 
  Guru
  mengingatkan kembali tentang tujuan pembelajaran 
· 
  Meminta
  informasi  dari  peserta 
  didik  tentang  implementasi beriman
  pada Hari Akhir,  yang diketahuinya. 
· 
  Menginformasikan Tema
  yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman
  kepada Hari Akhir” 
 | 
  
20 menit 
 | 
 
Inti: 
Mengamati 
Menanya 
Ekslorasi 
Asosiasi 
Komunikasi 
 | 
  
·  
  Mencermati
  video terkait dengan Iman pada Hari Akhir 
·  
  Mencermati
  gambar-gambar terkait dengan bencana alam 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan, misalnya tentang bagaimana fungsi berIman
  kepada Hari Akhir dalam kehidupan?, pentingnya berIman
  kepada Hari Akhir? 
·  
  Memberikan
  kesempatan  kepada  peserta 
  didik  lain  untuk menjawab. 
·  
  Pemerataan
  peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik saja). 
·  
  Memperhatikan  peserta 
  didik  lain  yang 
  tidak  berani memberikan jawaban. 
·  
  Mengamati    keberanian  dan 
  sikap    peserta  didik 
  dalam menjawab dan memberikan
  klarifikasi    tentang benar dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain. 
·  
  Peserta
  didik membagi diri menjadi 4 kelompok dan duduk sesuai 
  dengan  kelompoknya  untuk 
  memberikan  komentar pada  gambar 
  terkait  dengan  Hari 
  Kiamat (Permasalahan-penyebab-solusi).
  Pembagian tugas diatur sebagai berikut: 
o Kelompok I memberikan komentar pada bencana
  alam di daratan; 
o Kelompok II memberikan komentar pada bencana
  alam di lautan; 
o Kelompok III memberikan komentar pada
  bencana alam di udara. 
o Kelompok IV memberikan komentar pada bencana
  akibat ulah manusia. 
·  
  Selanjutnya
  peserta didik dalam kelompoknya masing-masing melakukan
  brain storming. 
·  
  Ketika  brain 
  storming  sedang  berlangsung,  peserta 
  didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar  dapat  bekerjasama,  toleran, 
  peduli,  responsif  dan bertanggung jawab untuk
  melakukan tugas diskusi kelompok  
· Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari   
  berbagai    informasi,    kemudian  
  diminta   untuk menyimpulkan jawaban, membuat resume hasil
  pengamatan gambar  (poster coment), dan selanjutnya  menyiapkan 
  diri untuk celebration
  exebition di depan kelas. 
·  
  Selanjutnya
  setiap kelompok melakukan celebration exebition atas hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
  memperhatikan dan mengajukan
  pertanyaan/sanggahan dengan menggunakan kata-kata  santun. 
  Adapun  urutan  celebration 
  exebition, sebagai berikut: 
·  
  Kelompok
  I 
·  
  Kelompok
  II 
·  
  Kelompok
  III 
·  
  Kelompok
  IV 
·  
  Guru
  memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir celebration exebition. 
·  
  Peserta
  didik mengumpulkan hasil kerja kelompok 
·  
  Tes
  Formatif 
 | 
  
110 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·  
  Guru
  menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang  dilakukan (merefleksi  kegiatan), 
  apakah  ada  masukan untuk perbaikan pembelajaran
  selanjutnya. 
·  
  Peserta
  didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas  yang diberikan  guru PAI terkait  dengan 
  pembelajaran selanjutnya 
·  
  Mengajak  semua 
  peserta  didik  berdoa 
  untuk  mengakhiri pembelajaran 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
F.    Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.  Tehnik
penilaian
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa (Bukti
terlampir pada Buku Praktikum dan Penilaian PAI dan Budi Pekerti) . Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. 
Tugas (Terstuktur) 
• Mengisi rubrik tentang Iman kepada Hari Akhir. 
a.  Penilaian Sikap
1)   Observasi 
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi terkait dengan:  “Implementasi
Iman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari”. 
2)   Penilaian
antar teman   (lembar penilaian antar
teman terlampir) 
3)   Penilaian diri
(lembar penilaian diri terlampir) 
4)   Jurnal (lembar
jurnal terlampir) 
b.  Penilaian
pengetahuan 
Tes tulis; essay (soal, kunci,
penskoran terlampir) 
c.  Penilaian
keterampilan 
1)   Projek 
• Membuat makalah tentang “Implementasi Iman kepada Hari
Akhir dalam kehidupan sehari-hari”. 
2)   Praktik 
• Mempresentasikan poster coment terkait dengan materi Iman
kepada Hari Akhir. 
3)   Portofolio
• Tuliskanlah semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah,
rumah, dan masyarakat di buku Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
(Tugas mandiri).
2.  Instrumen
Penilaian
(Terlampir)
3.  Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
(Terlampir)
G.   Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1. 
Media                : Gambar/
Poster, video, Power point,
2. 
Alat dan Bahan  :   LCD, Laptop, Wolf Vission.
3. 
Sumber Belajar  :
a.  Al Qur’an dan
Terjemahnya, Kemenag RI, halaman 109, 1019, 1028, 1032, 1086, 1093
b.  Buku PAI dan
Budi Pekerti SMK kelas XII, penerbit Kemendikbud
c.  www. YouTube:
Keajaiban Al-Qur’an.
Mengetahui                                                              Kaligondang,    Juli 2015
Kepala SMK N 1 Kaligondang
Salaman, S.Pd                                                          Masnur,
M.Pd.I
NIP. 19700512 199803 1 003                                  NIP. 19770220
200903 1 005
Lampiran Rubrik:
Iman kepada Hari Akhir
 
FORMAT RUBRIK IMAN KEPADA HARI AKHIR
Isilah dengan
memberikan tanda (P) pada kolom
jawaban yang sesuai dengan keadaan kalian!
No 
 | 
  
Pernyataan 
 | 
  
Kebiasaan 
 | 
 |||
Selalu 
 | 
  
Sering 
 | 
  
Jarang 
 | 
  
Tidak pernah 
 | 
 ||
1 
 | 
  
Saya berusaha melaksanakan shalat 5 waktu
  dengan khusuk. 
 | 
  ||||
2 
 | 
  
Saya berusaha membaca Al Qur’an dengan
  ikhlas. 
 | 
  ||||
3 
 | 
  
Saya menjalankan puasa Ramadhan. 
 | 
  ||||
4 
 | 
  
Setelah   melaksanakan   shalat 5   waktu,  
  saya melaksanakan shalat sunnah. 
 | 
  ||||
5 
 | 
  
Saya melakukan puasa Senin dan Kamis. 
 | 
  ||||
Lampiran  Penilaian Aspek Sikap
INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN 
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester          : XII/5
Topik                        : Iman Kepada Hari Akhir
Kelompok                 : 
Nama Siswa              : 
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk pengisian:
Berilah tanda chek list (√)  
pada kolom yang sesuai dengan perilaku peserta didik dalam kerja
kelompok selama proses pembelanjaran
berlangsung.
No 
 | 
  
Aspek yang di observasi 
 | 
  
Hasil Pengamatan 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 ||
1  
 | 
  
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok 
 | 
  ||||
2  
 | 
  
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok 
 | 
  ||||
3  
 | 
  
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok 
 | 
  ||||
4  
 | 
  
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok 
 | 
  ||||
5  
 | 
  
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain 
 | 
  ||||
Jumlah 
 | 
  |||||
Total 
 | 
  |||||
Nilai
  Akhir (total/5) 
 | 
  |||||
RUBRIK PENILAIAN
PENGAMATAN SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN
( TUGAS KELOMPOK )
Aspek 
 | 
  
Kriteria 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok 
 | 
  
Selalu tampak 
 | 
  
4 
 | 
 
Sering tampak 
 | 
  
3 
 | 
 |
Mulai tampak 
 | 
  
2 
 | 
 |
Belum tampak 
 | 
  
1 
 | 
 |
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok 
 | 
  
Selalu tampak 
 | 
  
4 
 | 
 
Sering tampak 
 | 
  
3 
 | 
 |
Mulai tampak 
 | 
  
2 
 | 
 |
Belum tampak 
 | 
  
1 
 | 
 |
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok 
 | 
  
Selalu tampak 
 | 
  
4 
 | 
 
Sering tampak 
 | 
  
3 
 | 
 |
Mulai tampak 
 | 
  
2 
 | 
 |
Belum tampak 
 | 
  
1 
 | 
 |
Menghargai
  pendapat teman dalam satu kelompok 
 | 
  
Selalu tampak 
 | 
  
4 
 | 
 
Sering tampak 
 | 
  
3 
 | 
 |
Mulai tampak 
 | 
  
2 
 | 
 |
Belum tampak 
 | 
  
1 
 | 
 |
Menghargai
  pendapat teman dalam kelompok lain 
 | 
  
Selalu tampak 
 | 
  
4 
 | 
 
Sering tampak 
 | 
  
3 
 | 
 |
Mulai tampak 
 | 
  
2 
 | 
 |
Belum tampak 
 | 
  
1 
 | 
 
Keterangan:
MK    =   4,00
MB    =   3,00 - 3,99
MT    =   2,00 - 2,99
BT     =   1,00 - 1,99
BT     :    Belum Terlihat  (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
 MT   :    Mulai Terlihat            (apabila 
peserta  didik  sudah 
mulai  memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
 MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
 MK   :    Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan
dalam indikator secara  konsisten).
DAFTAR
NILAI SISWA ASPEK SIKAP DALAM PEMBELAJARAN
TEKNIS
NON TES BENTUK PENGAMATAN
No 
 | 
  
Nama
  Siswa 
 | 
  
Skor
  Aktivitas Siswa 
 | 
  
Jumlah 
 | 
  
NA 
(Jml:
  5) 
 | 
 ||||
Interaksi 
 | 
  
Kerjasama 
 | 
  
Kesungguhan 
 | 
  
Menghargai
  dlm kelompok 
 | 
  
Menghargai
  kelompok lain 
 | 
 ||||
1 
 | 
  ||||||||
2 
 | 
  ||||||||
3 
 | 
  ||||||||
4 
 | 
  ||||||||
5 
 | 
  ||||||||
dst 
 | 
  ||||||||
Kualifikasi Nilai Akhir (NA) Penilaian Sikap
Skor 
 | 
  
Kualifikasi 
 | 
 
1,00-1,99 
 | 
  
Sikap kurang (K) 
 | 
 
2,00-2,99 
 | 
  
Sikap cukup (C) 
 | 
 
3,00-3,99 
 | 
  
Sikap baik (B) 
 | 
 
4,00 
 | 
  
Sikap Sangat Baik (SB) 
 | 
 
INSTRUMEN ANTAR TEMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa     : 
NIS                  : 
A.  Petunjuk
1.  Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2.  Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan  kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No 
 | 
  
KD/Pernyataan 
 | 
  
Tanggapan 
 | 
  
Verifikasi Guru 
 | 
 ||||
TP 
 | 
  
KD 
 | 
  
SR 
 | 
  
SL 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tidak 
 | 
 ||
1 
 | 
  
Melaksanakan syari’at Islam 
 | 
  ||||||
2 
 | 
  
Mentaati peraturan sekolah 
 | 
  ||||||
3 
 | 
  
Perduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar 
 | 
  ||||||
4 
 | 
  
Membantu teman yang sedang menghadapi
  kesulitan dalam belajar 
 | 
  ||||||
5 
 | 
  
Membantu teman yang sedang menghadapi
  kesulitan ekonomi atau menghadapi masalah 
 | 
  ||||||
B.  Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Skor 
 | 
 
SL 
 | 
  
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
  pernyataan. 
 | 
  
4 
 | 
 
SR 
 | 
  
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
  kadang-kadang tidak 
melakukan. 
 | 
  
3 
 | 
 
KD 
 | 
  
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
  melakukan dan sering tidak melakukan.  
 | 
  
2 
 | 
 
TP 
 | 
  
Tidak Pernah, apabila tidak pernah
  melakukan 
 | 
  
1 
 | 
 
C. Tabel Penilaian
Skor 
 | 
  
Nomor 
 | 
  
Jumlah 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Predikat 
 | 
 ||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
 ||||
Maksimal 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  |||
Perolehan  
 | 
  ||||||||
Nilai = ∑ Skor
Pernyataan/Skor Maksimal * 4
INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa     : 
NIS                  : 
A.  Petunjuk
1.  Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti.
2.  Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi
dan keadaan kalian sehari-hari.
No 
 | 
  
KD/Pernyataan 
 | 
  
Tanggapan 
 | 
  
Verifikasi Guru 
 | 
 ||||
TP 
 | 
  
KD 
 | 
  
SR 
 | 
  
SL 
 | 
  
Ya 
 | 
  
Tidak 
 | 
 ||
1 
 | 
  
Saya menjalankan shalat lima waktu. 
 | 
  ||||||
2 
 | 
  
Saya melaksanakan shalat sunnah baik di
  rumah atau di sekolah 
 | 
  ||||||
3 
 | 
  
Saya melaksanakan tadarrus di sekolah 
 | 
  ||||||
4 
 | 
  
Saya melaksanakan tadarrus di rumah          
 | 
  ||||||
5 
 | 
  
Saya mendengarkan atau membaca tentang
  siraman rohani      
 | 
  ||||||
B.  Tabel
Pedoman Penyekoran
Tanggapan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Skor 
 | 
 
SL 
 | 
  
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
  pernyataan. 
 | 
  
4 
 | 
 
SR 
 | 
  
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
  kadang-kadang tidak 
melakukan. 
 | 
  
3 
 | 
 
KD 
 | 
  
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
  melakukan dan sering tidak melakukan.  
 | 
  
2 
 | 
 
TP 
 | 
  
Tidak Pernah, apabila tidak pernah
  melakukan 
 | 
  
1 
 | 
 
C. Tabel Penilaian
Skor 
 | 
  
Nomor 
 | 
  
Jumlah 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Predikat 
 | 
 ||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
 ||||
Maksimal 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
20 
 | 
  ||
Perolehan  
 | 
  ||||||||
Nilai = ∑ Skor
Pernyataan/Skor Maksimal * 4
INSTRUMEN LEMBARAN JURNAL
Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester  : XII / 5
Topik                 : Iman Kepada Hari Akhir
No 
 | 
  
Hari/tanggal 
 | 
  
Aspek yang diamati 
 | 
  
Kejadian 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Tanda tangan 
 | 
 |
GPAI 
 | 
  
Mentor 
 | 
 |||||
1 
 | 
  ||||||
2 
 | 
  ||||||
dst 
 | 
  ||||||
Lampiran Aspek Pengetahuan
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK
PENGETAHUAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA INDIVIDUAL)
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir
Nama Siswa     : 
Kelas               :
No Absen        : 
Petunjuk Mengerjakan:
1. 
Kerjakan Soal - soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara
mandiri
2. 
Perhatikan Intruksi dari Bapak / Ibu Guru dan sikap dalam mengerjakan
soal akan diamati oleh guru
Soal
1. 
Sebutkan satu dalil naqli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
2. 
Sebutkan dalil akli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
3. 
Jelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
4. 
Apa yang dimaksud dengan Hari Akhir!
5. 
Coba bedakan antara kiamat kubra dan kiamat shugra?
6. 
Sebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir?
7. 
Coba identifikasikan periodesasi Hari Akhir?
8. 
Sebutkan nama-nama surga dan nama-nama neraka?
9. 
Coba identifikasikan contoh perilaku orang yang berIman kepada Hari
Akhir!
10. Sebutkan manfaat berIman
kepada Hari Akhir!.
Kunci Jawaban dan Pedoman
Penskoran
Penilaian Kemampuan Pengetahuan
Kunci  Jawaban:
No 
 | 
   
Kunci Jawaban 
 | 
   
Skor 
 | 
  
1 
 | 
  
QS Takwir {81}: 1-3 dan 6 
 | 
  
5 
 | 
 
2 
 | 
  
Dalil akli tentang Iman kepada
  Hari Akhir adalah segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, tidak ada yang
  bersifat abadi, suatu saat akan punah, begitu juga alam semesta beserta
  seluruh isinya. 
 | 
  
10 
 | 
 
3 
 | 
  
Percaya dengan penuh keyakinan
  adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak   
 | 
  
5 
 | 
 
4 
 | 
  
Peristiwa berakhirnya kehidupan
  seluruh makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak. 
 | 
  
10 
 | 
 
5 
 | 
  
Kiamat kubra adalah peristiwa
  hancurnya alam semesta secara total dan kehidupan  
semua makhluk berakhir,
  sementara kiamat shugra adalah peristiwa datangnya kematian bagi setiap makhluk termasuk
  manusia yang bersifat lokal dan individu. 
 | 
  
10 
 | 
 
6 
 | 
  
a.   Tanda-tanda kecil: Hamba sahaya wanita melahirkan anak
  majikannya, ada sekelompok orang yang tidak beralas kaki lengkap (sebelah
  saja), dan apabila telah ada penggembala yang berlomba -lomba membangun
  gedung yang tinggi dan lain sebagainya. 
b. Tanda-tanda besar: Datangnya
  Ya’juj dan Ma’juj, adanya malam yang panjang dan terbitnya matahari dari
  sebelah barat. 
 | 
  
10 
 | 
 
7 
 | 
  
a. Yaumul Ba’tsi 
b. Yaumul Hasyr 
c. Yaumul Hisab 
d. Yaumul Mizan 
e. Yaumul Fashl 
f.  Yaumul Jaza’ 
g. Ash-Shirath 
h. Surga dan neraka 
 | 
  |
8 
 | 
  
a.   Macam-macam surga: Firdaus, Adn, Na’īm,   Ma’wā, Dārussalām, Dārul Muqāmah, Al
  Maqāmul Amīn, Khuldi. 
b. Macam-macam neraka: Jahannam,
  Jahīm, HāwiyahWail, Sa’īr, Ladhā, Saqar, Huthamah. 
 | 
  
10 
 | 
 
9 
 | 
  
a.   Beriman kepada Hari Akhir akan menumbuhkan rasa tanggung jawab
  yaitu merasa bahwa hidup di dunia ini hanya bersifat sementara saja, cepat
  atau lambat semua manusia pasti akan kembali pada Allah SWT. Semua
  perbuatannya selama hidup di dunia akan dipertanggung-jawabkan pada Allah
  SWT. Sejalan dengan itu, hidup yang dijalaninya akan ditempuh dengan penuh
  kehati -hatian, sikap dan perilaku senantiasa didasari dengan kebaikan  sesuai tuntunan agama.  
b.  Mengimani   Hari Akhir,
  membuat manusia sadar, bahwasanya manusia itu   sangat tidak  ada artinya,  kalau 
  bukan karena kebesaran Allah SWT. Dengan demikian diharapkan   manusia  
  dapat   menghilangkan   sikap  
  takabur,   sombong  
  atau membanggakan    diri  atas 
  kelebihan  yang  dimilikinya 
  baik  berupa  kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan
  atau keturunan. 
c.   Mempercayai akan datangnya hari akhir, membuat manusia untuk
  menghindari  dari perbuatan  tidak 
  baik,  sehingga  apapun 
  yang  diperbuat  akan 
  dipikirkan  terlebih dahulu,
  sesuai  tidaknya dengan norma-norma
  agama. 
d.  Mengantarkan  manusia  untuk 
  tetap  melakukan  amal 
  shaleh,  meskipun  tidak 
menghasilkan keuntungan materi. 
e.   Tumbuhnya  perilaku  akhlakul 
  karimah,  seperti  mawas 
  diri  yaitu  suatu 
  sikap bertanya  tentang 
  kekurangan  yang  terdapat 
  pada  diri  mengenai 
  ibadah  yang dilakukan, sikap
  semangat untuk mempersiapkan bekal sebanyak -banyaknya untuk  menghadapi akhirat, ikhlas dalam berbuat
  yang didasarkan hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT. 
 | 
  
20 
 | 
 
10 
 | 
  
a.   Membiasakan hidup hati-hati 
  karena  sekecil  apa 
  pun  perbuatan  akan 
  dimintai pertanggungjawaban di kemudian hari. 
b.  Tidak menunda-nunda amal shaleh 
c.   Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak seorang pun
  mengetahui kapan ajalnya tiba. 
d.  Menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. 
e.   Menyadari bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi 
 | 
  
15 
 | 
 
Jumlah Skor 
 | 
  
100 
 | 
 
Penskoran
             Nilai      = Jumlah
Skor
L (Lulus) = Nilai
> 78
U (Ulang)  = Nilai
< 78
Lampiran  Penilaian Aspek Keterampilan
Lampiran Penugasan
Projek
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETRAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PROJEK
(KERJA KELOMPOK)
Mata Pelajaran     :  
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester     :  
XII/5
Topik                   :   Iman
kepada Hari Akhir
Kelompok       :……………………………...
Nama Siswa     :………………………………..
1………………………            5………………………………..
2………………………            6………………………………..
3………………………            7………………………………..
Petunjuk Penugasan Individual :
1. 
Bersama teman Anda, buatlah makalah dengan tema “Implementasi Iman
kepada Hari Akhir .
2. 
Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya
No 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Aspek yang dinilai/Skor Maksimal 
 | 
  
Jumlah skor 
 | 
  
NA 
(Jumlah skor: 4) 
 | 
 |||
Kesesuaian isi makalah dengan tema 
 | 
  
Teknik penulisan 
 | 
  
Kedalaman materi 
 | 
  
Setting layout 
 | 
 ||||
1 
 | 
  |||||||
2 
 | 
  |||||||
3 
 | 
  |||||||
4 
 | 
  |||||||
Dst 
 | 
  |||||||
I. Kesesuaian isi makalah dengan
tema
3. Isi makalah relevan dengan tema
yang telah ditentukan 
2. Isi makalah kurang relevan
dengan tema yang telah ditentukan 
1. Isi makalah tidak relevan
dengan tema yang telah ditentukan
II.   Teknik Penulisan
3.   Sesuai
2.   Cukup sesuai
1.   kurang sesuai
III.    Kedalaman materi
3. Pembahasan sangat dalam
2. Pembahasan cukup dalam
1. Pembahasan kurang dalam
IV.  Setting layout
3. Menarik
2. Cukup menarik
1. Kurang  menarik
Catatan :
4 = Sangat Baik            
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang Baik
Lampiran penilaian praktik
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PRATIKUM
(PELAKSANAAN DISKUSI)
Mata Pelajaran     :  
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester     :  
XII/5
Topik                   :   Iman
kepada Hari Akhir
Kelompok       :……………………………...
No 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Aspek yang dinilai 
 | 
  
Skor Maks 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Ketuntasan 
 | 
  
Tindak Lanjut 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
R 
 | 
  
P 
 | 
 |||||
1 
 | 
  |||||||||
2 
 | 
  |||||||||
Dst 
 | 
  |||||||||
Aspek dan rubrik penilaian: 
1)   Kejelasan
dan kedalaman informasi. 
a.  Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30. 
b.  Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 20. 
c.  Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap,
skor 10. 
2)   Keaktifan dalam diskusi.
a. 
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30. 
b. 
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20. 
c. 
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10. 
3)   Kejelasan dan kerapian presentasi 
a. 
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan
rapi, skor 40. 
b. 
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
skor 30. 
c. 
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan
kurang rapi, skor 20. 
d. 
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak rapi, skor 1 
PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Nama Sekolah          : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester         : XII/5
Materi Pokok            : Iman kepada Hari Akhir
Program Perbaikan
Sasaran perbaikan     : Siswa yang memperoleh nilai kurang dari
78
Bentuk perbaikan     : Tes perbaikan
Jenis perbaikan         : Individual
Materi pokok            : Iman kepada Hari Akhir
Proses perbaikan       : Peserta didik diberikan kesempatan
belajar di bawah bimbingan teman  dalam
satu kelompoknya
Pelaksanaan
Hari/Tanggal             : ...
Waktu                       : ...
Hasil                         : ...
Program Pengayaan
Sasaran pengayaan   : Siswa yang memeproleh nilai di atas 78
Bentuk pengayaan    : Pemberian materi tambahan
Jenis pengayaan        : Individual
Materi Pokok            : Iman kepada Hari Akhir
Pelaksanaan
Hari/Tanggal             : ...
Waktu                       : ...
Hasil                         : ...
Lampiran Pelaksanaan
Perbaikan/Pengayaan
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Materi Pokok               : Iman kepada Hari Akhir
Kelas/Semester            : XII/5
Ulangan Harian ke      : ...
Tanggal                       : ...
PERBAIKAN
Nomor 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Nilai Sebelum Perbaikan 
 | 
  
Tanggal Perbaikan 
 | 
  
Hasil Perbaikan 
 | 
  
Bentuk Perbaikan 
 | 
  
Ket. 
 | 
 |
Urut 
 | 
  
Absen 
 | 
 ||||||
PENGAYAAN 
Nomor 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Nilai Sebelum Pengayaan 
 | 
  
Tanggal Pengayaan 
 | 
  
Hasil Pengayaan 
 | 
  
Bentuk Pengayaan 
 | 
  
Ket. 
 | 
 |
Urut 
 | 
  
Absen 
 | 
 ||||||
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload semua file di atas, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII
Pak, saya berminat mendownload file RPP kelas XII, bagaimana caranya? mohon bantuannya. Terima kasih
BalasHapusizin copy
BalasHapusterima kasih sangat bermanfaat .. fast raspon... sukses selalu ...
BalasHapustrimakasih....ijin copy ya??
BalasHapus