Selamat Bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Selamat bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Rabu, 02 September 2015

RPP PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 103 Tahun 2014


Berikut daftar Perangkat Pembelajaran Mapel PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
  1. Cover Perangkat
  2. Lembar Pengesahan
  3. Kaldik
  4. Perhitungan Minggu Efektif
  5. Program Tahunan
  6. Program Semester
  7. KKM
  8. Silabus
  9. RPP = Contoh RPP PAI SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 2013:
1. Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
2. Meyakini Qadha dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
3. Menghidupkan Nurani dengan Berfikir Kritis
4. Bersatu dalam Keagamaan dan Demokrasi
5. Cerahkan Nurani dengan Saling Menasehati
6. Meraih Kasih Allah dengan Ihsan
7. Indahnya Membangun Maghligai Rumah Tangga
8. Meraih Berkah dengan Mawaris
9. Rahmat Islam bagi Nusantara
10. Rahmat Islam bagi Alam Semesta

Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload file ini, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                           : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran                           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                          : XII/5
Materi Pokok                             : Beriman kepada Hari Akhir
Alokasi Waktu                           : 2 X 3 Jam Pelajaran

A.    Kompetisi Inti
KI 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan     alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   Memahami  dan  menerapkan  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural  dalam  ilmu pengetahuan,  teknologi,  seni,  budaya,  dan  humaniora  dengan  wawasan  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  fenomena dan kejadian, serta  menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang   kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak    terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.    Kompetensi Dasar
1.  KD pada KI-1
1.1. Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Hari Akhir.
2.  KD pada KI-2
2.5. Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran berIman kepada Hari Akhir.
3.  KD pada KI-3
3.3. Memahami makna Iman kepada Hari Akhir.
4.  KD pada KI-4
4.3. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran berIman kepada Hari Akhir.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD pada KI-1
Peserta didik mampu:
1.1.1. Membiasakan diri untuk mengamalkan perilaku Iman kepada Hari Akhir.
2.  Indikator KD pada KI-2
Peserta didik mampu:
2.5.1. Membiasakan diri untuk bersikap mawas diri dalam hidup.
2.5.2. Membiasakan diri untuk taat menjalankan ibadah.
3.  Indikator KD pada KI-3
Peserta didik mampu:
3.3.1.    Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan Iman pada Hari Akhir.
3.3.2.    Menjelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
3.3.3.    Menjelaskan pengertian Hari Akhir.
3.3.4.    Membedakan antara kiamat kubra dan shugra.
3.3.5.    Menyebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir.
3.3.6.    Mengidentifikasi periodesasi Hari Akhir.
3.3.7.    Menyebutkan macam-macam surga.
3.3.8.    Menyebutkan macam-macam neraka
3.3.9.    Menjelaskan tanda-tanda penghayatan Iman kepada Hari Akhir.
3.3.10. Menyebutkan dampak beriman kepada adanya Hari Akhir.
4.  Indikator KD pada KI-4
Peserta didik mampu:
4.3.1. Mengidentifikasi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman pada Hari Akhir.
4.3.2. Melaksanakan perintah Allah atas dasar Iman kepada Hari Akhir


D.    Materi Pembelajaran                 :    Beriman kepada Hari Akhir
Konsep                               :    Hari Akhir menurut bahasa artinya Hari Penghabisan (QS Al Baqarah {2} 177), juga disebut Hari Pembalasan (الدين يوم)/(QS. Al Fātihah {1}: 4). Sedangkan menurut istilah, Hari Akhir adalah hari mulai hancurnya alam semesta berikut isinya dan berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah SWT.  Hari Akhir juga disebut Hari Kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah SWT yang seadil-adilnya (QS Al Mumtahanah {60}: 3). Adapun pengertian Iman kepada Hari Akhir adalah percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak.
Fakta                                         :      Adanya bencana alam.
                                                         Adanya peristiwa kematian.
                                                         Adanya komplek pemakaman
Prinsip/dalil/Teori/hukum          :    QS Al Baqarah {2} : 177, QS Al A’raf {7}: 187, dan QS Al Kahfi {18}: 94, QS Ali Imran {3): 185, QS Al An’am {6}: 93, QS Ar Ruum {30}: 55-56, QS At Takwir {81}: 1-3, 6, QS Al Mujadallah {58}: 6, QS Al Kahfi {18}: 47 dan 49, QS Al Anbiya {21}: 47, QS Al Mu’min {40}: 17.

Prosedur                              :    Melalui  model  pembelajaran  Colaborative  Learning  diharapkan peserta didik memiliki kesadaran tentang pentingnya beriman pada Hari Akhir.
Dampak/Hikmah/manfaat        :  1. Membiasakan  hidup  hati-hati  karena  sekecil  apa  pun  perbuatan  akan dimintai pertanggungjawaban di kemudian hari.
                                                       2. Tidak menunda-nunda amal shaleh
                                                       3. Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak seorang pun mengetahui kapan ajalnya tiba.
                                                       4. Menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya sementara.
                                                       5. Menyadari bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi.
E.    Langkah-langkah Pembelajaran
       Pertemuan I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
·   Melakukan  konfirmasi  tentang  kehadiran  peserta   didik,
memperhatikan kerapihan pakaian dan kebersihan kelas.
Peserta  didik  berdinamika  dengan  yel-yel.  Contoh:  guru
berkata: “Rohis 1 {singkatan  SMKN 1 Kaligondang}.  Peserta  didik
·   menjawab: Islamic (tangan di dada), cerdas (tangan menunjuk
ke dahi), berprestasi (tangan mengepal ke atas), takbir.
Peserta  didik  bertadarus  sesuai  dengan  tema  yang  akan
dipelajari
·   Dilanjutkan  dengan  membaca  terjemahannya  dan  bertanya jawab tentang makna yang terkandung pada ayat tersebut
Peserta didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·   Meminta informasi dari peserta didik tentang Iman kepada Hari Akhir yang diketahuinya.

20 menit
Inti:
Mengamati


Menanya










Ekslorasi






















Asosiasi




Komunikasi


·   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman kepada Hari Akhir”
·   Mencermati teks bacaan tentang beriman kepada Hari Akhir secara individu maupun kelompok.
·   Mengajukan pertanyaan,  misalnya  tentang  makna  beriman kepada Hari Akhir?,
·   Memberikan kesempatan  kepada  peserta  didik  lain  untuk menjawab.
·   Pemerataan peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik saja).
·   Memperhatikan  peserta  didik  lain  yang  tidak  berani memberikan jawaban.
·   Mengamati  keberanian  dan  sikap  peserta  didik  dalam menjawab  dan  memberikan  klarifikasi  tentang  benar  dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain.
·   GPAI  memilih 4  orang  peserta  didik  yang  memiliki pengetahuan agama yang baik, dan diangkat sebagai ketua kelompok. Kemudian alur pembelajaran tugas diatur sebagai berikut:
·   Kelompok I mendiskusikan tentang dalil naqli dan dalil akli terkait dengan Iman pada Hari Akhir.
·   Kelompok II mendiskusikan tentang Hari Akhir.
·   Kelompok  III  mendiskusikan  tentang  periodesasi  Hari Akhir.
·   Kelompok  IV  mendiskusikan  tentang  manfaat  beriman kepada Hari Akhir.
·   Ketika diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar  dapat  bekerjasama,  toleran,     santun,  responsif  dan bertanggung jawab untuk melakukan tugas diskusi kelompok. Selama   pembelajaran   berlangsung   guru   melakukan pengamatan  sikap  terhadap  peserta  didik  terkait  dengan tanggung jawab, kerjasama, toleran,    responsip dan santun peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas (penilaian proses:  memperhatikan cara peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume, langsung diingatkan dan diberi catatan)
·   Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari    berbagai    informasi,    kemudian   diminta   untuk menyimpulkan  jawaban,  membuat  resume  hasil  diskusi berupa  gambar  atau  simbol,  dan  selanjutnya  menyiapkan bahan untuk menjual informasi melalui market place activity pembelajaran.
·   Selanjutnya:
·   Setiap ketua  kelompok menjadi penjual informasi materi yang  sudah  didiskusikan  dalam  kelompoknya  melalui gambar atau simbol.
·   Sementara anggota kelompok secara bergantian mendatangi kelompok lain untuk membeli informasi materi.
·   Setelah  selesai  membeli  informasi  dari  kelompok  lain, kemudian  kembali  ke  kelompok  masing-masing  dan menjelaskan secara bergantian apa yang sudah didapat atau di beli dari kelompok lainnya kepada ketua kelompok.
·   Setelah pembeli melaporkan pada ketua kelompok, seluruh pembeli  memberi  penilaian  dengan  mendatangi  kelompok lain,  untuk  memberi  tanda  bintang  pada  kelompok  yang dianggap  memiliki  poster  yang  sesuai  dengan  tema  dan memiliki kemampuan menjadi penjual informasi yang baik.
·   Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir penampilan peserta didik pada kegiatan market place activity.
·   Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
110 menit

Penutup
·   Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar
yang  dilakukan (merefleksi  kegiatan),  apakah  ada  masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.
·   Peserta didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas  yang diberikan  guru PAI terkait  dengan  pembelajaran selanjutnya
·   Mengajak  semua  peserta  didik  berdoa  untuk  mengakhiri pembelajaran
15 menit
Pertemuan II:
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·  Peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
·  Melakukan  konfirmasi  tentang  kehadiran  peserta  didik, memperhatikan kerapihan pakaian dan kebersihan kelas. 3) Peserta  didik  berdinamika  dengan  yel-yel.  Contoh:  guru berkata: “Rohis 1 {singkatan  SMKN 1 Kaligondang}.  Peserta  didik  menjawab: Islamic (tangan di dada), cerdas (tangan menunjuk ke dahi), berprestasi (tangan mengepal ke atas), takbir. 4) Peserta  didik  bertadarus  sesuai  dengan  tema  yang  akan dipelajari
·  Dilanjutkan  dengan  membaca  terjemahannya  dan  bertanya jawab tentang makna yang terkandung pada ayat tersebut
·  Peserta didik mengisi kegiatan tadarrus pada buku praktikum sebagai kegiatan portofolio
·  Guru mengingatkan kembali tentang tujuan pembelajaran
·  Meminta informasi  dari  peserta  didik  tentang  implementasi beriman pada Hari Akhir,  yang diketahuinya.
·  Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Iman kepada Hari Akhir”

20 menit
Inti:
Mengamati
Menanya











Ekslorasi
















Asosiasi




Komunikasi


·   Mencermati video terkait dengan Iman pada Hari Akhir
·   Mencermati gambar-gambar terkait dengan bencana alam
·   Mengajukan pertanyaan, misalnya tentang bagaimana fungsi berIman kepada Hari Akhir dalam kehidupan?, pentingnya berIman kepada Hari Akhir?
·   Memberikan kesempatan  kepada  peserta  didik  lain  untuk menjawab.
·   Pemerataan peserta didik dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu peserta didik saja).
·   Memperhatikan  peserta  didik  lain  yang  tidak  berani memberikan jawaban.
·   Mengamati    keberanian  dan  sikap    peserta  didik  dalam menjawab dan memberikan klarifikasi    tentang benar dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain.
·   Peserta didik membagi diri menjadi 4 kelompok dan duduk sesuai  dengan  kelompoknya  untuk  memberikan  komentar pada  gambar  terkait  dengan  Hari  Kiamat (Permasalahan-penyebab-solusi). Pembagian tugas diatur sebagai berikut:
o Kelompok I memberikan komentar pada bencana alam di daratan;
o Kelompok II memberikan komentar pada bencana alam di lautan;
o Kelompok III memberikan komentar pada bencana alam di udara.
o Kelompok IV memberikan komentar pada bencana akibat ulah manusia.
·   Selanjutnya peserta didik dalam kelompoknya masing-masing melakukan brain storming.
·   Ketika  brain  storming  sedang  berlangsung,  peserta  didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar  dapat  bekerjasama,  toleran,  peduli,  responsif  dan bertanggung jawab untuk melakukan tugas diskusi kelompok
· Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari    berbagai    informasi,    kemudian   diminta   untuk menyimpulkan jawaban, membuat resume hasil pengamatan gambar  (poster coment), dan selanjutnya  menyiapkan  diri untuk celebration exebition di depan kelas.
·   Selanjutnya setiap kelompok melakukan celebration exebition atas hasil kerja kelompoknya, kelompok lain memperhatikan dan mengajukan pertanyaan/sanggahan dengan menggunakan kata-kata  santun.  Adapun  urutan  celebration  exebition, sebagai berikut:
·   Kelompok I
·   Kelompok II
·   Kelompok III
·   Kelompok IV
·   Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir celebration exebition.
·   Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
·   Tes Formatif
110 menit
Penutup
·   Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang  dilakukan (merefleksi  kegiatan),  apakah  ada  masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.
·   Peserta didik menyimak penjelasan tentang topik materi serta tugas  yang diberikan  guru PAI terkait  dengan  pembelajaran selanjutnya
·   Mengajak  semua  peserta  didik  berdoa  untuk  mengakhiri pembelajaran
15 menit

F.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.  Tehnik penilaian
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa (Bukti terlampir pada Buku Praktikum dan Penilaian PAI dan Budi Pekerti) . Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas (Terstuktur)
• Mengisi rubrik tentang Iman kepada Hari Akhir.

a.  Penilaian Sikap
1)   Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan:  “Implementasi Iman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari”.
2)   Penilaian antar teman   (lembar penilaian antar teman terlampir)
3)   Penilaian diri (lembar penilaian diri terlampir)
4)   Jurnal (lembar jurnal terlampir)
b.  Penilaian pengetahuan
Tes tulis; essay (soal, kunci, penskoran terlampir)
c.  Penilaian keterampilan
1)   Projek
• Membuat makalah tentang “Implementasi Iman kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari”.
2)   Praktik
• Mempresentasikan poster coment terkait dengan materi Iman kepada Hari Akhir.
3)   Portofolio
• Tuliskanlah semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Tugas mandiri).

2.  Instrumen Penilaian
(Terlampir)

3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
(Terlampir)

G.   Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.  Media                : Gambar/ Poster, video, Power point,
2.  Alat dan Bahan :   LCD, Laptop, Wolf Vission.
3.  Sumber Belajar :
a.  Al Qur’an dan Terjemahnya, Kemenag RI, halaman 109, 1019, 1028, 1032, 1086, 1093
b.  Buku PAI dan Budi Pekerti SMK kelas XII, penerbit Kemendikbud
c.  www. YouTube: Keajaiban Al-Qur’an.


Mengetahui                                                              Kaligondang,    Juli 2015
Kepala SMK N 1 Kaligondang




Salaman, S.Pd                                                          Masnur, M.Pd.I
NIP. 19700512 199803 1 003                                  NIP. 19770220 200903 1 005





























Lampiran Rubrik: Iman kepada Hari Akhir
 
FORMAT RUBRIK IMAN KEPADA HARI AKHIR
Isilah dengan memberikan tanda (P) pada kolom jawaban yang sesuai dengan keadaan kalian!

No
Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
1
Saya berusaha melaksanakan shalat 5 waktu dengan khusuk.




2
Saya berusaha membaca Al Qur’an dengan ikhlas.




3
Saya menjalankan puasa Ramadhan.




4
Setelah   melaksanakan   shalat 5   waktu,   saya melaksanakan shalat sunnah.




5
Saya melakukan puasa Senin dan Kamis.






Lampiran  Penilaian Aspek Sikap

INSTRUMEN PENILAIAN OBSERVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA KELOMPOK)

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester          : XII/5
Topik                        : Iman Kepada Hari Akhir

Kelompok                 :
Nama Siswa              :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk pengisian:
Berilah tanda chek list (√)   pada kolom yang sesuai dengan perilaku peserta didik dalam kerja kelompok selama proses pembelanjaran berlangsung.

No
Aspek yang di observasi
Hasil Pengamatan
1
2
3
4
1
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok




2
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok




3
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok




4
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok




5
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain





Jumlah





Total





Nilai Akhir (total/5)





RUBRIK PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN
( TUGAS KELOMPOK )
Aspek
Kriteria
Skor
Interaksi siswa dalam konteks pembelajaran kelompok

Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas kelompok

Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Kerjasama antar siswa dalam belajar kelompok

Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Menghargai pendapat teman dalam satu kelompok
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Menghargai pendapat teman dalam kelompok lain
Selalu tampak
4
Sering tampak
3
Mulai tampak
2
Belum tampak
1
Keterangan:
MK    =   4,00
MB    =   3,00 - 3,99
MT    =   2,00 - 2,99
BT     =   1,00 - 1,99

BT     :    Belum Terlihat  (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
 MT   :    Mulai Terlihat            (apabila  peserta  didik  sudah  mulai  memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
 MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
 MK   :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

DAFTAR NILAI SISWA ASPEK SIKAP DALAM PEMBELAJARAN
TEKNIS NON TES BENTUK PENGAMATAN

No
Nama Siswa
Skor Aktivitas Siswa
Jumlah
NA
(Jml: 5)
Interaksi
Kerjasama
Kesungguhan
Menghargai dlm kelompok
Menghargai kelompok lain
1








2








3








4








5










































































































































































dst









Kualifikasi Nilai Akhir (NA) Penilaian Sikap
Skor
Kualifikasi
1,00-1,99
Sikap kurang (K)
2,00-2,99
Sikap cukup (C)
3,00-3,99
Sikap baik (B)
4,00
Sikap Sangat Baik (SB)

INSTRUMEN ANTAR TEMAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir

Nama Siswa     :
NIS                  :

A.  Petunjuk
1.  Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2.  Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan  kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
TP
KD
SR
SL
Ya
Tidak
1
Melaksanakan syari’at Islam






2
Mentaati peraturan sekolah






3
Perduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar






4
Membantu teman yang sedang menghadapi kesulitan dalam belajar






5
Membantu teman yang sedang menghadapi kesulitan ekonomi atau menghadapi masalah







B.  Tabel Pedoman Penyekoran
Tanggapan
Keterangan
Skor
SL
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
SR
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
3
KD
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2
TP
Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
1

C. Tabel Penilaian

Skor
Nomor
Jumlah
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
Maksimal
4
4
4
4
4



Perolehan








Nilai = ∑ Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4

INSTRUMEN PENILAIAN DIRI

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir

Nama Siswa     :
NIS                  :

A.  Petunjuk
1.  Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2.  Berikanlah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
TP
KD
SR
SL
Ya
Tidak
1
Saya menjalankan shalat lima waktu.






2
Saya melaksanakan shalat sunnah baik di rumah atau di sekolah






3
Saya melaksanakan tadarrus di sekolah






4
Saya melaksanakan tadarrus di rumah        






5
Saya mendengarkan atau membaca tentang siraman rohani    







B.  Tabel Pedoman Penyekoran
Tanggapan
Keterangan
Skor
SL
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
SR
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
3
KD
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
2
TP
Tidak Pernah, apabila tidak pernah melakukan
1

C. Tabel Penilaian

Skor
Nomor
Jumlah
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
Maksimal
4
4
4
4
4
20


Perolehan








Nilai = ∑ Skor Pernyataan/Skor Maksimal * 4



INSTRUMEN LEMBARAN JURNAL

Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester  : XII / 5
Topik                 : Iman Kepada Hari Akhir

No
Hari/tanggal
Aspek yang diamati
Kejadian
Keterangan
Tanda tangan
GPAI
Mentor
1






2



















































































dst









Lampiran Aspek Pengetahuan
INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PENGETAHUAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
(KERJA INDIVIDUAL)

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : XII / 5
Topik                          : Iman Kepada Hari Akhir

Nama Siswa     :
Kelas               :
No Absen        :

Petunjuk Mengerjakan:
1.  Kerjakan Soal - soal berikut dengan cermat, teliti, jujur dan secara mandiri
2.  Perhatikan Intruksi dari Bapak / Ibu Guru dan sikap dalam mengerjakan soal akan diamati oleh guru

Soal
1.  Sebutkan satu dalil naqli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
2.  Sebutkan dalil akli terkait dengan Iman kepada Hari Akhir
3.  Jelaskan pengertian Iman kepada Hari Akhir.
4.  Apa yang dimaksud dengan Hari Akhir!
5.  Coba bedakan antara kiamat kubra dan kiamat shugra?
6.  Sebutkan tanda-tanda datangnya Hari Akhir?
7.  Coba identifikasikan periodesasi Hari Akhir?
8.  Sebutkan nama-nama surga dan nama-nama neraka?
9.  Coba identifikasikan contoh perilaku orang yang berIman kepada Hari Akhir!
10. Sebutkan manfaat berIman kepada Hari Akhir!.

Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Penilaian Kemampuan Pengetahuan

Kunci  Jawaban:
No
Kunci Jawaban
Skor
1
QS Takwir {81}: 1-3 dan 6
5
2
Dalil akli tentang Iman kepada Hari Akhir adalah segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, tidak ada yang bersifat abadi, suatu saat akan punah, begitu juga alam semesta beserta seluruh isinya.
10
3
Percaya dengan penuh keyakinan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat kelak 
5
4
Peristiwa berakhirnya kehidupan seluruh makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.
10
5
Kiamat kubra adalah peristiwa hancurnya alam semesta secara total dan kehidupan 
semua makhluk berakhir, sementara kiamat shugra adalah peristiwa datangnya kematian bagi setiap makhluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu.
10
6
a.   Tanda-tanda kecil: Hamba sahaya wanita melahirkan anak majikannya, ada sekelompok orang yang tidak beralas kaki lengkap (sebelah saja), dan apabila telah ada penggembala yang berlomba -lomba membangun gedung yang tinggi dan lain sebagainya.
b. Tanda-tanda besar: Datangnya Ya’juj dan Ma’juj, adanya malam yang panjang dan terbitnya matahari dari sebelah barat.
10
7
a. Yaumul Ba’tsi
b. Yaumul Hasyr
c. Yaumul Hisab
d. Yaumul Mizan
e. Yaumul Fashl
f.  Yaumul Jaza’
g. Ash-Shirath
h. Surga dan neraka

8
a.   Macam-macam surga: Firdaus, Adn, Na’īm,   Ma’wā, Dārussalām, Dārul Muqāmah, Al Maqāmul Amīn, Khuldi.
b. Macam-macam neraka: Jahannam, Jahīm, HāwiyahWail, Sa’īr, Ladhā, Saqar, Huthamah.
10
9
a.   Beriman kepada Hari Akhir akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yaitu merasa bahwa hidup di dunia ini hanya bersifat sementara saja, cepat atau lambat semua manusia pasti akan kembali pada Allah SWT. Semua perbuatannya selama hidup di dunia akan dipertanggung-jawabkan pada Allah SWT. Sejalan dengan itu, hidup yang dijalaninya akan ditempuh dengan penuh kehati -hatian, sikap dan perilaku senantiasa didasari dengan kebaikan  sesuai tuntunan agama.
b. Mengimani   Hari Akhir, membuat manusia sadar, bahwasanya manusia itu   sangat tidak  ada artinya,  kalau  bukan karena kebesaran Allah SWT. Dengan demikian diharapkan   manusia   dapat   menghilangkan   sikap   takabur,   sombong   atau membanggakan    diri  atas  kelebihan  yang  dimilikinya  baik  berupa  kekayaan, kecantikan, ketampanan, kedudukan atau keturunan.
c.   Mempercayai akan datangnya hari akhir, membuat manusia untuk menghindari  dari perbuatan  tidak  baik,  sehingga  apapun  yang  diperbuat  akan  dipikirkan  terlebih dahulu, sesuai  tidaknya dengan norma-norma agama.
d. Mengantarkan  manusia  untuk  tetap  melakukan  amal  shaleh,  meskipun  tidak
menghasilkan keuntungan materi.
e.   Tumbuhnya  perilaku  akhlakul  karimah,  seperti  mawas  diri  yaitu  suatu  sikap bertanya  tentang  kekurangan  yang  terdapat  pada  diri  mengenai  ibadah  yang dilakukan, sikap semangat untuk mempersiapkan bekal sebanyak -banyaknya untuk  menghadapi akhirat, ikhlas dalam berbuat yang didasarkan hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT.
20
10
a.   Membiasakan hidup hati-hati  karena  sekecil  apa  pun  perbuatan  akan  dimintai pertanggungjawaban di kemudian hari.
b. Tidak menunda-nunda amal shaleh
c.   Segera bertaubat sebelum ajal tiba, karena tidak seorang pun mengetahui kapan ajalnya tiba.
d. Menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya sementara.
e.   Menyadari bahwa azab di akhirat sangat pedih dan abadi

15

Jumlah Skor
100
Penskoran              Nilai      = Jumlah Skor
L (Lulus) = Nilai > 78
U (Ulang)  = Nilai < 78


Lampiran  Penilaian Aspek Keterampilan
Lampiran Penugasan Projek

INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETRAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PROJEK
(KERJA KELOMPOK)

Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester     :   XII/5
Topik                   :   Iman kepada Hari Akhir

Kelompok       :……………………………...
Nama Siswa     :………………………………..

1………………………            5………………………………..
2………………………            6………………………………..
3………………………            7………………………………..


Petunjuk Penugasan Individual :
1.  Bersama teman Anda, buatlah makalah dengan tema “Implementasi Iman kepada Hari Akhir .
2.  Kumpulkan pada saat pertemuan berikutnya

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai/Skor Maksimal
Jumlah skor
NA
(Jumlah skor: 4)
Kesesuaian isi makalah dengan tema
Teknik penulisan
Kedalaman materi
Setting layout
1







2







3







4







Dst








I. Kesesuaian isi makalah dengan tema
3. Isi makalah relevan dengan tema yang telah ditentukan
2. Isi makalah kurang relevan dengan tema yang telah ditentukan
1. Isi makalah tidak relevan dengan tema yang telah ditentukan

II.   Teknik Penulisan
3.   Sesuai
2.   Cukup sesuai
1.   kurang sesuai

III.    Kedalaman materi
3. Pembahasan sangat dalam
2. Pembahasan cukup dalam
1. Pembahasan kurang dalam

IV.  Setting layout
3. Menarik
2. Cukup menarik
1. Kurang  menarik

Catatan :
4 = Sangat Baik           
3 = Baik
2 = Sedang
1 = Kurang Baik

Lampiran penilaian praktik

INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
DALAM BENTUK PENUGASAN PRATIKUM
(PELAKSANAAN DISKUSI)

Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester     :   XII/5
Topik                   :   Iman kepada Hari Akhir

Kelompok       :……………………………...
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Maks
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
R
P
1









2

























































































Dst










Aspek dan rubrik penilaian:
1)   Kejelasan dan kedalaman informasi.
a.  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.  Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.  Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2)   Keaktifan dalam diskusi.
a.  Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.  Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.  Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3)   Kejelasan dan kerapian presentasi
a.  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d.  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 1

PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN

Nama Sekolah          : SMK N 1 Kaligondang
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester         : XII/5
Materi Pokok            : Iman kepada Hari Akhir

Program Perbaikan
Sasaran perbaikan     : Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 78
Bentuk perbaikan     : Tes perbaikan
Jenis perbaikan         : Individual
Materi pokok            : Iman kepada Hari Akhir

Proses perbaikan       : Peserta didik diberikan kesempatan belajar di bawah bimbingan teman  dalam satu kelompoknya
Pelaksanaan
Hari/Tanggal             : ...
Waktu                       : ...
Hasil                         : ...

Program Pengayaan
Sasaran pengayaan   : Siswa yang memeproleh nilai di atas 78
Bentuk pengayaan    : Pemberian materi tambahan
Jenis pengayaan        : Individual
Materi Pokok            : Iman kepada Hari Akhir

Pelaksanaan
Hari/Tanggal             : ...
Waktu                       : ...
Hasil                         : ...


Lampiran Pelaksanaan Perbaikan/Pengayaan
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Materi Pokok               : Iman kepada Hari Akhir
Kelas/Semester            : XII/5
Ulangan Harian ke      : ...
Tanggal                       : ...

PERBAIKAN
Nomor
Nama Siswa
Nilai Sebelum Perbaikan
Tanggal Perbaikan
Hasil Perbaikan
Bentuk Perbaikan
Ket.
Urut
Absen











































PENGAYAAN
Nomor
Nama Siswa
Nilai Sebelum Pengayaan
Tanggal Pengayaan
Hasil Pengayaan
Bentuk Pengayaan
Ket.
Urut
Absen









































Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload semua file di atas, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XII

4 komentar:

  1. Pak, saya berminat mendownload file RPP kelas XII, bagaimana caranya? mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih sangat bermanfaat .. fast raspon... sukses selalu ...

    BalasHapus