Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran
Abstrak:
Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan
hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh
sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh
pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar;
(2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya
dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara
sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan
pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat
mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari
anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil
akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu
berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan
tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b)
pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).
File lengkapnya dapat diunduh di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar