Berikut
daftar Perangkat Pembelajaran Mapel PAI SMA/SMK Kelas X, XI dan XII Kurikulum
2013 edisi REVISI 2017 Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang
Standar Proses dan Revisi dengan memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS:
- Cover Perangkat
- Lembar Pengesahan
- Kaldik
- Perhitungan Minggu
Efektif
- Program Tahunan
- Program Semester
- KKM
- Silabus
- RPP
Contoh RPP Kelas
XII:
1. Semangat
Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
2. Meyakini
Qadha dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
3.
Menghidupkan Nurani dengan Berfikir Kritis
4. Bersatu
dalam Keagamaan dan Demokrasi
5. Cerahkan
Nurani dengan Saling Menasehati
6. Meraih
Kasih Allah dengan Ihsan
7. Indahnya
Membangun Maghligai Rumah Tangga
8. Meraih
Berkah dengan Mawaris
9. Rahmat
Islam bagi Nusantara
10. Rahmat
Islam bagi Alam Semesta
Contoh RPP Kelas
XI:
1. RPP Al Qur'an Sebagai
Pedoman Hidup
2. RPP Hidup Nyaman dengan
berperilaku Jujur
3. RPP Kepedulian umat islam
terhadap jenazah
4. RPP Sampaikan dariku
walau satu ayat
5. RPP Masa Kejayaan Islam
yang dinantikan
6. RPP Membangun bangsa
melalui perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
7. RPP Rosul-rosul itu
kekasih Allah swt
8. RPP Hormati dan sayangi
Orangtua dan Gurumu
9. RPP Prinsip Ekonomi Islam
10. RPP Bangun dan
bangkitlah wahai pemuda Islam
11. RPP Toleransi merupakan
alat pemersatu bangsa
Contoh RPP Kelas
X:
1. RPP Aku selalu dekat dengan Allah swt
2. RPP Berbusana muslim merupakan cermin kepribadian diri
3. RPP Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian
4. RPP Al Qur'an dan Hadits adalah Pedoman hidupku
5. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Mekkah
6. RPP Meniti Hidup dengan Mulia
7. RPP Malaikat selalu bersamaku
8. RPP Hormati dan sayangi Orangtua dan Gurumu
9. RPP Mengelola Wakaf dengan penuh amanah
10. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Madinah
11. RPP Nikmatnya Mencari Ilmu dan berbagi Pengetahuan
12. RPP Menjaga Martabat Manusia dengan menjauhi pergaulan bebas
Download melalui 4share Perangkat Kelas X disini
Download melalui 4share Perangkat Kelas XI disini
Download melalui 4share Perangkat Kelas XII disini
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload file ini, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel)
contoh pesan kelas X: Ahmad#ahmad@gmail.com#X
Download melalui 4share Perangkat Kelas XI disini
Download melalui 4share Perangkat Kelas XII disini
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload file ini, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel)
contoh pesan kelas X: Ahmad#ahmad@gmail.com#X
contoh
pesan kelas XI: Ahmad#ahmad@gmail.com#XI
contoh
pesan kelas XII: Ahmad#ahmad@gmail.com#XII
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah :
SMK
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian
Alokasi Waktu :
1 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti (KI):
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:
efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif,
dan solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
menggunakan metoda sesuai dengan
|
B.
Kompetesnsi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) :
1.6
|
Meyakini
bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
1.6.1 Menyetujui bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
1.6.2 Meyakinkan bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
|
2.6
|
Menunjukkan perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.6.1 Membuktikan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
2.6.2 Membentuk perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.6
|
Menganalisis manfaat kejujuran
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.6.1. Menjelaskan
manfaat
kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
3.6.2.
Menyimpulkan manfaat
kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
|
4.6
|
Menyajikan kaitan antara contoh
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan
|
4.6.1 Menerapkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan
4.6.2 Menjelaskan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan
keimanan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran
Kajian Nilai Lintas Kelompok (Cross Over
Groups Discussion of Value) dengan metode Make a
Match, Silaturahmi
Activities, dan Picture Commnent, peserta
didik dapat menganalisis makna jujur, dan memahami manfaat dan hikmah
perilaku jujur.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian
2. Dalil
al-Qur’an dan Al-Hadits
3. Hikmah berperilaku Jujur
E.
Metode Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Silaturahmi Activities
3. Picture Commnent
4.
Diskusi
F.
Media
Pembelajaran :
1. Laptop dan
LCD Projector
2. MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3. Video
4. Plano
5. Spidol
6. Lem
7. Gambar
8. Gunting
9. Bagan
10. Lembar hasil silaturahmi
G.
Sumber
Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku teks
pesera didik PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas X
3.
Internet (www.youtube.com/...)
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
Pertemuan Pertama:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
A
|
Pendahuluan
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi
Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta
pesera didik memimpin doa
Membaca
ayat quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang Perilaku Jujur
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan
materi Perilaku Jujur
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
15 Menit
|
B
|
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran “Kajian Nilai Lintas Kelompok” (Cross Over Groups Investigation of Value) dengan metode
MAKE A MATCH DAN SILATURAHMI ACTIVITIES
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok
Peserta didik mengamati guru
yang sedang mendemonstrasikan Perilaku Jujur
Peserta
didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan masalah tersebut
ditulis di kertas plano (opinion making)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk curah pendapat dalam membentuk hipotesis /
pernyataan/pertanyaan (decision making)
Setiap kelompok memilih satu
hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik (action)
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah
yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing
Setiap kelompok membuat
kartu berpasangan tentang Perilaku Jujur
Guru mendemonstrasikan cara
menggunakan kartu berpasangan
Secara berkelompok, peserta
didik melakukan kegiatan make a match dengan bantuan kartu berpasangan yang sudah dibuat.
Guru meminta perwakilan
kelompok untuk tampil kedepan guna beradu cepat dalam memasangkan kartu Perilaku Jujur
Peserta didik membuat
bagan/rangkuman poin-poin penting dalam kertas plano dan menempelkan di
tempat yang telah disediakan
Perwakilan kelompok bersilaturahmi ke kelompok-kelompok
lain untuk menggali, bertukar informasi, menemukan contoh perilaku Jujur
Informasi atau materi yang
didapatkan dari kelompok lain disampaikan kepada anggota kelompoknya
masing-masing
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil diskusi (depending value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
|
100 Menit
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas Kelompok
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
20 Menit
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran :
1.Sikap
Teknik penilaian : Penilaian diri
Instrumen
penilaian :
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
X /Gasal
|
|||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri .
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Diri sendiri
|
|||||||||
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Tidak setuju
|
|||||||||
1
|
Meyakini bahwa menghormati hak dan kewajiban orang lain merupakan
perintah Allah SWT
|
v
|
|||||||||
2
|
Meyakini bahwa Allah SWT. mencintai manusia yang memiliki
perilaku keluhuran budi
|
V
|
|||||||||
3
|
Meyakini bahwa Allah SWT. mencintai manusia yang memiliki
perilaku kokoh pendirian
|
V
|
|||||||||
4
|
Meyakini bahwa Allah SWT. mencintai manusia yang memiliki
perilaku pemberi rasa aman
|
V
|
|||||||||
5
|
Meyakini bahwa Allah SWT. mencintai manusia yang memiliki
perilaku tawakal
|
V
|
|||||||||
6.
|
Meyakini bahwa Allah SWT. mencintai manusia yang memiliki
perilaku adil
|
V
|
|||||||||
Jumlah
Skor
|
4x3=
12
|
2x2=
4
|
|||||||||
Keterangan
|
Nilai
= 16
|
Nilai Akhir
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
|
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
yang
diperoleh
18 X
100 = 18
Skormaksimal
|
|||||||||
Catatan:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||||||||
Sikap ( observasi)
Format Penilaian menggunakan
panduan observasi
Satuan pendidikan : SMK
Tahun pelajaran :
Kelas/Semester : X / Semester I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No.
|
Hari/tgl
|
Nama
Siswa
|
Kejadian
|
Butir
Sikap
|
Tindak
lanjut
|
1
|
Senin,9-08-2017
|
Andika
|
Bolos pada jam k 7
|
Disiplin
|
Pembinaan
oleh guru
|
2
|
Jumat,
20-08-2017
|
Salim
|
Tidak
memakai Hasduk
|
Disiplin
|
Pembinaan
|
4
|
Selasa,
7-08-2017
|
Agus
|
Menghilangkan
uang kas kelas
|
Tanggung
jawab
|
Mengganti
|
Tes Tertulis
Kisi-kisi Soal
Kompetensi Dasar
|
IndikatorSoal
|
No soal
|
Ket
|
1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok
agama
|
Disajikan ilustrasi kisah dalam kehidupan seseorang, peserta didik dapat menganalisis Perilaku
jujur
|
1
|
|
Peserta didik dapat menentukan
contoh sikap jujur dalam niat
|
2
|
Pilihlah jawaban yang tepat dengan memberi tanda X pada huruf yang kamu anggap benar!
1.
Aminah
siswa yang di kenal paling pandai dalam kelas X. Indra di kenal sebagai siswa
pemalas. Sementara Sariyah di kenal sebagai siswa yang paling tekun belajar.
Pada saat ulangan semester gasal Aminah mengandalkan kepandaiannya , sedang
Sariyah tetap mempersiapkan dengan gigih belajar. Sementara Indra mempersiapkan
dengan membuat contekan. Dari gambaran di atas sikap yang kan mengerjakan
dengan jujur adalah, kecuali,………….
a.
Aminah b. Sariyah c. Indra d. Aminah dan Sariyah e. Tidak ada yang jujur
Kunci jawab: 1. C. Indra
2.a. Di sukai orang banyak
b. Banyak teman
c. Bicara apa adanya
d. Di musuhi banyak orang
e. Sering berdusta
f. Sedikit teman
g.Bila berkata di percaya
Yang termasuk dampak dari
perilaku jujur adalah :
a. A b c d
b. B c d e
c. C d e f
d. E f g h
e. A b c g
Kunci
jawaban : 2. E. A b c g
Pedoman
penskoran adalah 2 x 50 = 100
Keterampilan
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam pengamatan pada saat Membaca Ayat Al-Qur’an Surat Al-Maidah
Ayat 8
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor maks
|
Tindak lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
Andika
|
10
|
20
|
20
|
100
|
50
|
v
|
100
|
v
|
||
2
|
Agus
|
30
|
30
|
40
|
100
|
100
|
V
|
100
|
v
|
||
3
|
Salim
|
30
|
20
|
30
|
100
|
80
|
V
|
100
|
V
|
||
dst
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan
nilai KKM )
TT : Tidak tuntas bila di lihat dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubik penilaian:
1.
Kelancaran dalam bacan
a.
Jika membaca dengan lancar,
makhroj bagus, skor 30.
b.
Jika membaca lancar tapi makhroj
kurang, skor 20.
c.
Jika membaca kurang lancar , skor
10.
2.
Kesesuaian bacaan Tajwid.
a.
Jika bacaan tajwid sesuai kaidah,
skor 30.
b.
Jika bacaan tajwid kurang sesuai
kaidah, skor 20.
c.
Jika bacaan tajwid tidak sesuai
kaidah, skor 10.
3.
Tata cara atau etika.
a.
Jika sesuai dengan etika yang
diajarkan dalam Islam, skor 40.
b.
Jika kurang sesuai dengan etika
yang diajarkan dalam Islam, skor 30.
c.
Jika tidak sesuai dengan etika
yang diajarkan dalam Islam, skor 20.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...
NIP. ...
|
Purbalingga, ........
Guru Mata
Pelajaran Pend Agama Islam dan Budi Pekerti
Heri Ismawati, M.Pd.I
NIP. ---
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar