Selamat Bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Selamat bergabung dengan MGMP PAI SMK Kabupaten Purbalingga

Minggu, 07 September 2014

Perangkat Pembelajaran PAI SMA/SMK Kelas X dan XI Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP bagi seorang guru sangatlah penting, karena berhasil atau tidaknya dalam kegiatan belajar mengajar guru ditentukan bagaimana seorang guru membuat perencanaannya. Berikut ini kami mencoba membuat contoh perangkat pembelajaran PAI SMA/SMK kelas X dan XI Kurikulum 2013.

Diantara perangkat yang kami sediakan disini adalah:
KELAS X :
1. Siabus PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
2. Program Tahunan PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
3. Program Semester PAI  SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
4. KKM SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
5. Perhitungan Minggu Efektif PAI SMA-SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
6. RPP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X: semua RPP dengan 4shared dapat di unduh disini 
    a. RPP Aku selalu dekat dengan Allah swt
    b. RPP Berbusana muslim merupakan cermin kepribadian diri
    c. RPP Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian
    d. RPP Al Qur'an dan Hadits adalah Pedoman hidupku
    e. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Mekkah
    f. RPP Meniti Hidup dengan Mulia
    g. RPP Malaikat selalu bersamaku
    h. RPP Hormati dan sayangi Orangtua dan Gurumu
    i. RPP Mengelola Wakaf dengan penuh amanah
    j. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Madinah
    k. RPP Nikmatnya Mencari Ilmu dan berbagi Pengetahuan
    l. RPP Menjaga Martabat Manusia dengan menjauhi pergaulan bebas

KELAS XI:
1. Siabus PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
2. Program Tahunan PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
3. Program Semester PAI  SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
4. KKM SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
5. Perhitungan Minggu Efektif PAI SMA-SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
6. RPP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI: dengan 4shared semua RPP dapat di unduh disini
    a. RPP Al Qur'an Sebagai Pedoman Hidup
    b. RPP Hidup Nyaman dengan berperilaku Jujur
    c. RPP Kepedulian umat islam terhadap jenazah
    d. RPP Sampaikan dariku walau satu ayat
    e. RPP Masa Kejayaan Islam yang dinantikan
    f. RPP Membangun bangsa melalui perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
    g. RPP Rosul-rosul itu kekasih Allah swt
    h. RPP Hormati dan sayangi Orangtua dan Gurumu
    i. RPP Prinsip Ekonomi Islam
    j. RPP Bangun dan bangkitlah wahai pemuda Islam
    k. RPP Toleransi merupakan alat pemersatu bangsa 



Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload semua file di atas, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XI

Berikut ini kami contohkan RPP Kurikulum 2013 mapel PAI Kelas XI SMK semoga bermanfaat:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NOMOR 001

Nama Sekolah               :  SMK N 1 Nusantara
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam
Kelas                            : XI / Gasal
Materi Pokok                 :  Sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
Alokasi Waktu                : 9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan )
Pertemuan ke                :  11 - 13


A.     Kompetensi Inti
KI 1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.3   Berperilaku taat kepada aturan

2
2.4    Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari  tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait

3
3.2  Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. 
3.2.1    Menyebutkan arti Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
3.2.2    Menjelaskan kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
4
4.3 Membaca  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.


4.3.1   Menjelaskan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dengan benar.
4.3.2   Mendemontrasikan bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dengan tartil

4.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4.4.1       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41
4.4.2       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama
Peserta didik diharapkan mampu:
1.   Menyebutkan arti Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
2.   Menganalisis isi kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan  

Pertemuan Kedua
Peserta didik diharapkan mampu:
1.   Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,  
2.   Mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,

Pertemuan Ketiga:
Peserta didik diharapkan mampu menghafal Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.  Arti Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
2.  Kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

Pertemuan Kedua:
1.   Bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
2.   Kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,  

Pertemuan Ketiga:
Hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,

E.      METODE PEMBELAJARAN:
1.      Scientific Method (metode ilmiah)
2.      Contextual Teaching and Learning
3.      Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)
F.      MEDIA PEMBELAJARAN
          1.         Media
                     a.    Video Pembelajaran
                    b.    CD Pembelajaran Tajwid Interaktif

          2.         Alat
                     a.    Komputer
                     b.    LCD Projector
                     c.    Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.

G.     SUMBER BELAJAR
1.      Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.      Kutubus Sittah Hadits Sohih
3.      Buku pegangan siswa PAI SMA Kelas XI
4.      Buku lain yang memadai.
.
H.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN         
PERTEMUAN PERTAMA (3 JP x 45 menit)
1.   Pendahuluan (20 Menit)
a.   Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.   Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.   Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.   Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

2.   Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.   Mengamati
-        Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait  secara individu maupun kelompok.

b.   Menanya
-        Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits yang terkait
-        Mengajukan pertanyaan tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait

c.   Eksperimen/Eksplor
-        Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-        Diskusi tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait

d.   Assosiasi
-        Menyimpulkan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam  Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-        Menyimpulkan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait

e.   Komunikasi
-        Menyajikan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-        Menyajikan kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait

3.   Penutup (15 Menit)
a.   Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait  sebagai penutup materi pembelajaran;
b.   Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

4.   Penilaian
a.         Tes (tulis dan lisan)
b.        Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
1.   Tes
-        Tulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan arti potongan ayat berikut (  Ù…َÙ†ْ ÙŠُؤْÙ…ِÙ†ُ بِÙ‡ِ ) !

2.
Sebutkan arti potongan ayat berikut ( Ø£َÙ†ْتُÙ…ْ بَرِÙŠْئُÙˆْÙ†َ  ) !

3.
Sebutkan arti potongan ayat berikut (  Ùˆَ Ù…ِÙ†ْ اَجْÙ„ِ Ø°َالِÙƒَ ) !

4.
Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 !

5.
Jelaskan isi kandungan Q.S Yunus (10) : 41-42 !


-        Lisan (mempresantasikan hasil diskusi) terlampir

2.   Non Tes  
-        Tugas (melakukan telaah kandungan makna yang terdapat dalam Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait
-        Observasi (mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi dan mengamati sikap toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan oleh teman sejawat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait;
-        Potofolio (membuat laporan tentang makna mufrodat, ijmali serta kandungan Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait)

Mengetahui
Kepala Sekolah


Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP. 19710619 199703 1 006

Kaligondang,   Juli 2015
Guru Mapel


Achmad, S.Pd.I
NIP. 19840925 201001 1 023

PERTEMUAN KEDUA  (3 JP x 45 menit):
1.      Pendahuluan (20 Menit)
a.   Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.   Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.   Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.   Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi)

2.      Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.   Mengamati
-        Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105  serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.

b.   Menanya
-        Menanyakan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-        Menanyakan cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.

c.   Mengumpulkan data/eksplorasi
-        Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-        Mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105.

d.   Mengasosiasi
-        Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-        Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.

e.   Mengkomunikasikan:
-        Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-        Mempraktikkan cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 secara individu maupun kelompok;


3.      Penutup (15 Menit)
a.   Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sebagai penutup materi pembelajaran;
b.   Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

4.      Penilaian
a.       Tes (tulis dan lisan)
b.      Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
1.   Tes  
-        Tes Tulis
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Tulislah Q.S. Yunus (10) : 40-41 !

2.
Tulislah Q.S. Al-Maidah (5) : 32 !

3.
Lengkapi kalimat berikut ini !
Ù…َÙ†ْ ÙŠُؤْÙ…ِÙ†ُ بِÙ‡ِ Ùˆَ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُÙ… Ù…َÙ†ْ   ...  


4.
Lengkapi kalimat berikut ini !
Ùˆَ Ù…ِÙ†ْ اَجْÙ„ِ Ø°َالِÙƒَ ÙƒَتَبْÙ†َا عَÙ„َÙ‰   ...  


5.
Tunjukkan bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
Ùˆَ اِÙ†ْ ÙƒَØ°َبُÙˆْÙƒَ
Mad asli karena ada tanda baca domah berhadapan dengan waw mati
-        Tes Lisan (kemampuan membaca) terlampir
2.   Non Tes  
-        Tugas (melakukan telaah kaedah tajwid dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32)
-        Observasi (mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan memberi tanda dan menjelaskannya)
-        Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)

Mengetahui
Kepala Sekolah


Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP. 19710619 199703 1 006

Kaligondang,   Juli 2015
Guru Mapel


Achmad, S.Pd.I
NIP. 19840925 201001 1 023


PERTEMUAN KETIGA  (3 JP x 45 menit):
1.      Pendahuluan (20 Menit)
a.   Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.   Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.   Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.   Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi)

2.      Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.   Mengamati
-        Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.

b.   Menanya
-        Menanyakan tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.

c.   Mengumpulkan data/eksplorasi
-        Mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.

d.   Mengasosiasi
-        Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.

e.   Mengkomunikasikan:
-        Mempraktikkan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 secara individu maupun kelompok;

3.      Penutup (15 Menit)
a.   Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan hafalan sebagai penutup materi pembelajaran;
b.   Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

4.      Penilaian
               a.    Tes tertulis
              b.    Tes Lisan
Lembar Penilaian
1.   Tes Tertulis
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Tulislah Q.S. Yunus (10) : 40-41 !


2.
Tulislah Q.S. Al-Maidah (5) : 32 !



2.   Tes Lisan (hafalan) terlampir


Mengetahui
Kepala Sekolah


Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP. 19710619 199703 1 006

Kaligondang,   Juli 2015
Guru Mapel


Achmad, S.Pd.I
NIP. 19840925 201001 1 023 


1 komentar:

  1. tolong dkirim ke email : ululazmi.noeroeddien@gmail.com
    jazakalloh atas kebaikannya

    BalasHapus