Diantara perangkat yang kami sediakan disini adalah:
KELAS X :
1. Siabus PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
2. Program Tahunan PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
3. Program Semester PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
4. KKM SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
5. Perhitungan Minggu Efektif PAI SMA-SMK Kurikulum 2013 Kelas X dapat di unduh disini
6. RPP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas X: semua RPP dengan 4shared dapat di unduh disini
a. RPP Aku selalu dekat dengan Allah swt
b. RPP Berbusana muslim merupakan cermin kepribadian diri
c. RPP Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian
d. RPP Al Qur'an dan Hadits adalah Pedoman hidupku
e. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Mekkah
f. RPP Meniti Hidup dengan Mulia
g. RPP Malaikat selalu bersamaku
h. RPP Hormati dan sayangi Orangtua dan Gurumu
i. RPP Mengelola Wakaf dengan penuh amanah
j. RPP Meneladani Perjuangan Rasulullah di Madinah
k. RPP Nikmatnya Mencari Ilmu dan berbagi Pengetahuan
l. RPP Menjaga Martabat Manusia dengan menjauhi pergaulan bebas
KELAS XI:
1. Siabus PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
2. Program Tahunan PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
3. Program Semester PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
4. KKM SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
5. Perhitungan Minggu Efektif PAI SMA-SMK Kurikulum 2013 Kelas XI dapat di unduh disini
6. RPP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Kelas XI: dengan 4shared semua RPP dapat di unduh disini
a. RPP Al Qur'an Sebagai Pedoman Hidup
b. RPP Hidup Nyaman dengan berperilaku Jujur
c. RPP Kepedulian umat islam terhadap jenazah
d. RPP Sampaikan dariku walau satu ayat
e. RPP Masa Kejayaan Islam yang dinantikan
f. RPP Membangun bangsa melalui perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
g. RPP Rosul-rosul itu kekasih Allah swt
h. RPP Hormati dan sayangi Orangtua dan Gurumu
i. RPP Prinsip Ekonomi Islam
j. RPP Bangun dan bangkitlah wahai pemuda Islam
k. RPP Toleransi merupakan alat pemersatu bangsa
Kelas XII:
1. RPP:
a. Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir
b. Meyakini Qadha dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja
c. Menghidupkan Nurani dengan Berfikir Kritis
d. Bersatu dalam Keagamaan dan Demokrasi
e. Cerahkan Nurani dengan Saling Menasehati
f. Meraih Kasih Allah dengan Ihsan
g. Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga
h. Meraih Berkah dengan Mawaris
i. Rahmat Islam Bagi Nusantara
j. Rahmat Islam bagi Alam Semesta
Bila Bapak/Ibu Kesulitan dalam mendownload semua file di atas, silahkan kirim SMS saja dengan format: nama#email#kelas kirim ke 085227290346 (telkomsel) contoh Ahmad#ahmad@gmail.com#XI
Berikut ini kami conoth RPP Kurikulum 2013 mapel PAI Kelas XI SMK semoga bermanfaat:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NOMOR 001
Nama Sekolah : SMK N 1 Nusantara
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XI / Gasal
Materi Pokok : Sikap toleran,
rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3
pertemuan )
Pertemuan ke : 11 - 13
A. Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.3 Berperilaku taat kepada aturan
|
|
2
|
2.4 Menunjukkan sikap
toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits
terkait
|
|
3
|
3.2 Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan.
|
3.2.1 Menyebutkan arti Q.S.
Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
3.2.2
Menjelaskan
kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
|
4
|
4.3 Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
|
4.3.1 Menjelaskan
hukum bacaan tajwid dalam Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, dengan benar.
4.3.2
Mendemontrasikan bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32, dengan tartil
|
4.4 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
|
4.4.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10)
: 40-41
4.4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32,
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama
Peserta didik
diharapkan mampu:
1. Menyebutkan
arti Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
2.
Menganalisis isi kandungan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
Pertemuan
Kedua
Peserta didik
diharapkan mampu:
1.
Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32,
2.
Mengidentifikasi hukum
bacaan tajwid yang terdapat pada Q.S.
Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
Pertemuan
Ketiga:
Peserta didik
diharapkan mampu menghafal
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, dengan benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1.
Arti
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
2.
Kandungan Q.S. Yunus (10)
: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan
Pertemuan
Kedua:
1. Bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
2.
Kaedah
tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus
(10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
Pertemuan
Ketiga:
Hafalan Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32,
E.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Scientific
Method (metode ilmiah)
2.
Contextual
Teaching and Learning
3.
Direct Instruction (Model
Pengajaran Langsung)
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Video Pembelajaran
b. CD Pembelajaran Tajwid
Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
c. Kartu berpasangan
(matching card) lafadz dan artinya.
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Kutubus Sittah Hadits Sohih
3.
Buku
pegangan siswa PAI SMA Kelas XI
4.
Buku lain yang memadai.
.
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA (3 JP x 45 menit)
1. Pendahuluan (20 Menit)
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi
yang pernah diajarkan (Appersepsi).
2. Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 serta Hadits yang terkait secara individu maupun kelompok.
b.
Menanya
-
Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S.
Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
serta hadits yang terkait
-
Mengajukan pertanyaan tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits
yang terkait
c.
Eksperimen/Eksplor
-
Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 serta Hadits yang terkait
-
Diskusi tentang kandungan makna Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits
yang terkait
d.
Assosiasi
-
Menyimpulkan
makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam
Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang
terkait
-
Menyimpulkan
kandungan makna Q.S. Yunus (10)
: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits
yang terkait
e.
Komunikasi
-
Menyajikan
makna mufrodat dan ijmali yang terdapat dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
-
Menyajikan
kandungan makna Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta Hadits yang terkait
3. Penutup (15 Menit)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S Yunus (10) :
41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta
hadits terkait sebagai penutup materi
pembelajaran;
b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S Yunus (10) :
41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
dan peserta didik menjawab salam.
4. Penilaian
a.
Tes
(tulis dan lisan)
b.
Non
tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan
arti potongan ayat berikut ( Ù…َÙ†ْ ÙŠُؤْÙ…ِÙ†ُ بِÙ‡ِ ) !
|
|
2.
|
Sebutkan
arti potongan ayat berikut ( Ø£َÙ†ْتُÙ…ْ بَرِÙŠْئُÙˆْÙ†َ ) !
|
|
3.
|
Sebutkan
arti potongan ayat berikut ( Ùˆَ Ù…ِÙ†ْ اَجْÙ„ِ Ø°َالِÙƒَ ) !
|
|
4.
|
Jelaskan
isi kandungan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 !
|
|
5.
|
Jelaskan
isi kandungan Q.S Yunus (10) : 41-42 !
|
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi) terlampir
2.
Non Tes
-
Tugas (melakukan telaah kandungan makna yang
terdapat dalam Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait
-
Observasi (mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi dan mengamati sikap toleran, rukun dan
menghindari tindak kekerasan oleh teman sejawat sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S.
Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait;
-
Potofolio (membuat laporan tentang makna
mufrodat, ijmali serta kandungan Q.S Yunus (10) : 41-42 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 serta hadits terkait)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP.
19710619 199703 1 006
|
Kaligondang, Juli 2015
Guru
Mapel
Achmad, S.Pd.I
NIP.
19840925 201001 1 023
|
PERTEMUAN
KEDUA (3 JP x 45 menit):
1. Pendahuluan (20 Menit)
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi
yang pernah diajarkan (Appersepsi)
2. Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak
dan mencermati bacaan Q.S. An-Nisa (4) : 59;
Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 serta hadits terkait melalui tayangan video
atau media pembelajaran lainnya.
b.
Menanya
-
Menanyakan
tentang kaedah tajwid yang terdapat
dalam Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Menanyakan
cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan
Q.S. Al-Maidah (5) : 32.
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Menganalisa kaedah tajwid yang terdapat Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Mendiskusikan
cara-cara membaca Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105.
d.
Mengasosiasi
-
Menyimpulkan kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10)
: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
-
Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32.
e.
Mengkomunikasikan:
-
Menyimpulkan
kaedah tajwid yang terdapat pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32
-
Mempraktikkan
cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 secara
individu maupun kelompok;
3. Penutup (15 Menit)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sebagai penutup materi
pembelajaran;
b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
dan peserta didik menjawab salam.
4. Penilaian
a. Tes (tulis dan
lisan)
b. Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1. Tes
-
Tes Tulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Tulislah
Q.S. Yunus (10) : 40-41 !
|
|
2.
|
Tulislah
Q.S. Al-Maidah (5) : 32 !
|
|
3.
|
Lengkapi kalimat
berikut ini !
Ù…َÙ†ْ ÙŠُؤْÙ…ِÙ†ُ بِÙ‡ِ Ùˆَ Ù…ِÙ†ْÙ‡ُÙ… Ù…َÙ†ْ
...
|
|
4.
|
Lengkapi kalimat
berikut ini !
Ùˆَ Ù…ِÙ†ْ اَجْÙ„ِ Ø°َالِÙƒَ ÙƒَتَبْÙ†َا عَÙ„َÙ‰ ...
|
|
5.
|
Tunjukkan bacaan
tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
Ùˆَ اِÙ†ْ ÙƒَØ°َبُÙˆْÙƒَ
|
Mad asli karena ada
tanda baca domah berhadapan dengan waw mati
|
-
Tes Lisan
(kemampuan membaca) terlampir
2. Non
Tes
-
Tugas (melakukan telaah kaedah tajwid dalam Q.S.
Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32)
-
Observasi (mengamati dan mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid yang ada pada Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah
(5) : 32 dengan memberi tanda dan menjelaskannya)
-
Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di
lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP.
19710619 199703 1 006
|
Kaligondang, Juli 2015
Guru
Mapel
Achmad, S.Pd.I
NIP.
19840925 201001 1 023
|
PERTEMUAN
KETIGA (3 JP x 45
menit):
1. Pendahuluan (20 Menit)
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d. Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi yang
pernah diajarkan (Appersepsi)
2. Kegiatan Inti (100 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak
dan mencermati bacaan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 melalui
tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.
Menanya
-
Menanyakan
tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
cara-cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32.
d.
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5)
: 32.
e.
Mengkomunikasikan:
-
Mempraktikkan
hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 secara individu
maupun kelompok;
3. Penutup (15 Menit)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan hafalan sebagai penutup materi pembelajaran;
b. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Yunus (10) :
40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
dan peserta didik menjawab salam.
4. Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes Lisan
Lembar Penilaian
1. Tes Tertulis
No.
|
Butir-butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Tulislah Q.S. Yunus (10) : 40-41 !
|
|
2.
|
Tulislah Q.S. Al-Maidah (5)
: 32 !
|
2. Tes Lisan (hafalan) terlampir
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Mustofa Bisri, S.Pd, M.Si
NIP.
19710619 199703 1 006
|
Kaligondang, Juli 2015
Guru
Mapel
Achmad, S.Pd.I
NIP.
19840925 201001 1 023
|
SANGAT MEMBANTU
BalasHapusrpp yang lian mana
BalasHapusjgn 1 kd saja
guru agam pelit amat
gak iklhas beramal
http://yasirmaster.blogspot.com
jazakumullohu khoiral jaza', terima kasih bantuannya
BalasHapusTerima kasih sangat membantu. Semoga Allah membalas dengan balasan lebih yg dijanjikannya .... amin
BalasHapusjazakmullah khairan semoga ALLAH membalas amal baiknya..... amin
BalasHapusustadz mohon izin unduh rpp kelas xi smk,,,, makasih sebelumnya
BalasHapusUstad Tolong Kirim KD yang lain....
BalasHapusTrimaksih sebelumnya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmaksih pak
BalasHapusterima kasih filenya pak.. semoga tetap menjadi amalan baik yg diterima di sisiNya..amiinn
BalasHapusAss...pak saya sudah kirimkan pulsa kemarin, ko sampe sekarang ngga ada file yang masuk ke email saya...
BalasHapusbagus ini, makasi.
BalasHapusTERIMAKASIH FILENYA SUDAH MASUK. DAN SAYA UDAH KIRIM PLSNYA.. INSYA ALLAH LAIN WAKTU SAYA AKAN KIRIM LAGI DEMI PENGEMBANGAN BLOG INI.
BalasHapusOH IYA KL BERKENAN SUDI KIRANYA SAYA MINTA FILE UNTUK KELAS X DAN XII. KE dadang.safrudin7173@gmail.com
TRIMS ... SEMOGA SEMAKIN SUKSES.. WASSALAM
Moga ilmunya jadi amal, ijin di copy gan RPP nya...
BalasHapusterimakasih ijin ambil prpp kls x,xi,semoga di beri balasan ang lebih baik dari Allah SWT,Dunia dan ahirat,
BalasHapusKo d download ga bisa ya.
BalasHapusSyukron katsiiron Pak...izin mendownload. mudah2an menjadi amal ibadah dan ditulis sebagai amal baik untuk tabungan akhirat... aamiin Yaa Robbal ' Aalamin.
BalasHapusSyukron katsiiron Pak...izin mendownload. mudah2an menjadi amal ibadah dan ditulis sebagai amal baik untuk tabungan akhirat... aamiin Yaa Robbal ' Aalamin.
BalasHapussyukran
BalasHapusmatur tengqyu.....
BalasHapusMohon izin copas...
BalasHapusmoga manfa'at
pak tolong kirimkan perangkat pembelajaran kls x dan kls xi kurikulum 13,ini alamat emailnya rave.specialone@gmail.com terima kasih.
BalasHapusTerima kasih banyak bapak sekalian semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan putus-putusnya.
BalasHapusmanfaat apane
BalasHapusSYUKRON
BalasHapusterima kasih, mendownload karena sangat bermanfaat buat kami dan semoga bernilai ibadah buat bapak/ibu.
BalasHapusmohon ijin untuk mendownload...tks
BalasHapusmohon izin unduh ustad, syukron
BalasHapusAssalamuallaikum.. Mohon ijin mendownload
BalasHapusTerimakasih pak,, sangat bermanfaat.. Izin download.
BalasHapusgimana sih cara donlodnya ko muter muter terusss
BalasHapusalhamdulillah bpk telah meringankan banyak orang terkait dengan perangkat pembelajaran. kami juga mhn ijin untuk mendownload. maturnuwun.
BalasHapuskirim ke email dong, juhaisakram@gmail.com
BalasHapusSusah downloadnya
BalasHapus